Penebaran dan Pasca Penebaran Bibit Lele

Sebelum pada proses tebar bibit saya ingin menceritakan pengalaman pembelian bibit yang ternyata keliru, inginnya sih nyari bibit ukuran 4-6 cm tapi ternyata setelah bibit saya beli dan saya tunjukkan pada teman saya yang lebih berpengalam itu bibit ukuran 3 murni + kecil kurus , ini ada fotonya bobot rata-rata 1.6 gram.

 

Pada lele uk 3 murni seharusnya masih pada proses pendederan dan bukan pembesaran jadi saya harus merubah penanganan bibitnya. yaitu :
(1) Tinggi Air dari 100 cm saya kurangi 30cm menjadi 70 cm.
(2) Jadwal Hari Tenang Lele yang seharusnya minumal 4 hari, sekarang menjadi 2 hari.
(3) Jadwal pakan pertama  Tgl 11 Maret 2014
(4) Pakan awal rencana 781-1 di ganti dengan F999.

Walaupun harusnya masih pada fase pendederan tapi ya tidak apa-apa sudah terlanjur ya buat pengalaman saja, proses akan tetap berlangsung. Oh ya tambahan info lagi  harga bibit lele per ekor adalah Rp 125,- total ( bonus 150 ekor ) + 3000 ekor = 375.00, Untuk Laporan biaya – biaya yang lebih komplit sudah saya catat secara rinci di ” Biaya Pembesaran Lele Tebar Padat Tinggi “monggo di simak.

PROSES PENEBARAN BIBIT

Proses penebaran bibit lele baiknya dilakukan pada waktu cuaca cerah, tidak terlalu panas ataupun dingin. Asal media siap dan air tidak panas karena terkena sinar matahari ya tidak apa-apa mau tebar pagi hari, siang hari ataupun sore hari. Kali ini saya tebar  Hari Minggu, 09 Maret 2014 pada waktu Siang Hari Pukul 12:30 WIB, cuaca cerah berawan, kolam tidak terkena sinar matahari langsung sehingga air tidak panas.

Wadah untuk menampung bibit dimasukkan kedalam kolam beberapa menit untuk menyamakan suhu air antara di dalam wadah dan kolam

Kemudian bibit di keluarkan secara perlahan lahan.

Proses penebaran bibit telah selesai dilakukan, selanjutnya adalah Proses Pasca Penebaran Bibit Lele

PASCA PENEBARAN BIBIT LELE
Penanganan pasca tebar cukup sederhana saja, yaitu di hari selanjutnya apabila ada bibit yang diam nge-gantung atau ngambang lemas segera di keluarkan dari dalam kolam. Sampai tidak ada yang nge-gantung baru boleh di beri makan.
Seharusnya apabila tebar bibit uk 4-6 minimal penanganan Pasca Tebar adalah 4 hari, karena yang saya tebar sekarang adalah uk 3 murni jadi saya putuskan penanganan pasca tebar cukup dua hari.
Berikut praktek proses penanganan pasca tebar sampai bibit siap di beri makan:

Memantau perubahan warna air dari kecoklatan menjadi kehijauan, target tiga hari dari awal masukin bibit air sudah berwarna hijau.

Senin, 10 Maret 2014 ( Pagi Hari )
Ada beberapa bibit yang berdiri seperti pada gambar, menandakan bibit masih ada yang stress.

( Pagi Hari )
Satu hari pasca penebaran didasar kolam sudah terlihat warna air mengarah ke warna hijau.

( Sore Hari )
Dengan sangat cepat air berubah menjadi warna hijau seperti digabar, sore hari tidak ada bibit yang nampak mengambang.


( Menjelang Mahgrib )
Banyak bibit yang berdiri seperti digambar, hal tersebut di sebabkan kemungkinan karena organisme lain di dalam kolam mulai menggunakan oksigen di dalam air, sehingga bibit lele kekurangan oksigen mengakibatkan lele stres. Maka dari itu saya rencana akan memasang kucuran air untuk menambah oksigen terlarut pada waktu malam hari.

Proses pasca penebaran sudah berjalan dua hari dan besok Hari Selasa, 11 Maret 2014 sudah mulai diberi makan sedikit demi sedikit. Semoga bibit tetap sehat dan kuat.
Proses berikutnya adalah Proses Pemberian Pakan, Pemeliharaan Lele dan Penanganan Air dalam Pembesaran.

Salam sukses,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *