Menghijaukan Air Kolam Dengan Aplikasi Probiotik

Cara Menghijaukan Air Kolam Dengan Aplikasi Probiotik

Berikut Teori dan Praktek cara menghijaukan air kolam yang baik:
Teori : dibutuhkan 3 hari untuk persiapan fermentasi dan 7 hari untuk persiapan media + 3 hari bibit lele di masukkan air akan berwarna hijau.

Persiapan :

Fermentasi Probiotik : Siapkan Probiotik Penumbuh Plankton(merk bebas) , Tetes Tebu, Dirigen 10 liter,Aerator dan Selang Kecil. 
Drigen di isi dengan 10 liter air bersih ditambah Probiotik sebanyak 10 tutup botol + Tetes Tebu 5 tutup botol. kemudia campur jadi satu. Masukkan aerasi dengan selang hidupkan 24 jam, ember tertutup rapat dan hanya ada lubang kecil untuk memasukkan selang aerasi. Tunggu 3 hari baru fermentasi bisa di gunakan. 
Persiapan air : Langsung Praktek
 
Praktek :
Hari Pertama :
Kolam di isi air setinggi 30 cm, kemudian masukkan fermentasi probiotik tersebut dengan rata sebanyak 1/2 gelas /m2 yang sebelumnya telah di campur dengan 3 liter air bersih. 
Hari Kedua :
Kolam ditambah air setinggi 20 cm jadi tinggi total 50 cm, kemudian masukkan fermentasi dengan rata sebanyak 1/4 gelas /m2 yang sebelumnya telah di campur dengan 2 liter air bersih.
Hari Ketiga : 
 Kolam ditambah air setinggi 20 cm jadi tinggi total 70 cm, kemudian masukkan fermentasi dengan rata sebanyak 1/4 gelas /m2 yang sebelumnya telah di campur dengan 2 liter air bersih.
Hari Keempat : 
 Kolam ditambah air setinggi 30 cm jadi tinggi total 100 cm, kemudian masukkan fermentasi dengan rata sebanyak 1/4 gelas /m2 yang sebelumnya telah di campur dengan 2 liter air bersih.
 
Hari Kelima: Kamis, 6 Maret 2014
Air semakin berwarna kecoklatan dan mualai ada jentik nyamuk, tanda a[likasi berhasil.
Hari Keenam : Jum’at, 7 Maret 2014
Air semakin berwarna kecoklatan.
 

Hari Ketujuh : Sabtu, 8 Maret 2014
Air semakin berwearna kecoklatan dan sudah sangat banyak jentik2 nyamuk, hari berikutnya sudah siap tebar bibit.

Tiga hari setelah bibit di tebar maka air akan berubah warna menjadi hijau sepeerti pada gambar, apabila air belum hijau berarti persiapan kurang sempurna. Bisa di tambahkan fermentasi setiap hari sampai air berwarna hijau. Untuk teknik pemberian makan silakan baca artikel tentang Pemberian Pakan Lele 80% Kenyang.

 

Selamat mencoba.

3 thoughts on “Menghijaukan Air Kolam Dengan Aplikasi Probiotik

  • March 24, 2015 at 12:52 pm
    Permalink

    sebelum melihat artikel ini.saya sempat kaget dan takut tuk tebar benih karena banyaknya jentik nyamuk tumbuh.eh ternyata berhasil ya sya. Ooo ia saya mau tanya kode pelet tuk lele awal tebar kode brp..? trus takaran pemberian pakan tuk 1000 ekor brp bnyak.?

    Reply
  • May 31, 2015 at 6:03 am
    Permalink

    Awal tebar uk 4-6 pakai pf 1000, dan takaran pakan pada umumnya 6% dari biomassa ikan. Seiring berjalannya waktu nanti kita bisa tahu kebutuhan pakan tanpa di takar ( filling aja ).

    Reply
  • Pingback: Cara Mudah Menghijaukan Air Kolam Dengan Fermentasi Dedak - Info Perikanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *