Bibit Lele Yang Bermutu

Para pembbudidaya ikan lele dalam segmen pembesaran pastinya akan mencari bibit lele yang bermutu tinggi, tanpa bibit lele yang bermutu maka tidak akan ada keuntungan yang di dapat. Para pembudidaya akan direpotkan dengan penyakit dan kondisi lele yang lemah karena kurangnya mutu bibit yang didapatkan.
Bibit lele yang bermutu pastinya didapatkan dari indukan yang bermutu pula, akan tetapi stok indukan yang bermutu tentunya tidak banyak yang bisa menyediakan.

Dan akhirnya tidak banyak pelaku bisnis dalam pembenihan yang bisa menyediakan bibit lele yang bermutu tinggi karena kurannya suplay indukan yang bermutu. Para pembenih yang penting bisa menyediakan bibit untuk para pembesar lele dan mendapat keuntungan dari penjualan bibit tanpa mengetahui kualitas bibit yang dihasilkannya. Indukan yang awalnya bermutu tinggi danĀ  sering dipijahkan lama kelamaan juga mutunya akan berkurang, seharusnya ada pergantian indukan lele dalam jangka waktu tertentu dalam beberapa kali pemijahan indukan tersebut harus sudah diganti dengan indukan yang baru dengan kualitas yang sama.
Mungkinkah para pembenih akan melakukan hal tersebut? sepertinya tidak mungkin karena indukan tersebut masih mampu menghasilkan ratusan ribu bibit lele walaupun kualitasnya sudah menurun. Sekarang siapa yang akan di rugikan? dan siapa yang akan bertanggung jawab? dan bagaimana solusinya?
Pemerintahlah yang seharusnya berperan dalam hal tersebut, dari penyediaan indukan unggul, seleksi indukan yang sudah menurun kualitasnya dan upaya peningkatan kualitas bibit yang di sediakan harus ada manajemen tersendiri dalam pemerintahan ini. Itu semua mungkin yang diharapkan untuk berkembangnya bisnis perikanan khususnya lele.

Akan tetapi tidak selamanya kita pembudidaya harus bergantung ke pemerintah, kita harus bisa selektif dalam mencari bibit lele yang bermutu dengann usaha kita sendiri, mungkin itu lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *