Pelet Untuk Ikan Lele

Pakan Lele Pabrikan / Pelet

Untuk para pendatang baru dalam budidaya lele pastinya akan mencari tahu jenis pakanpabrikan apa yang terbaik untuk diberikan kepada lele yang di budidayakan, ada banyak pilihan merk pakan yang biasa di gunakan oleh para pembudidaya lele. Yang paling umum di gunakan adalah pakan pabrikan yang di produksi oleh Matahari Sakti dan Pokphand Group. Matahari sakti dengan produk Prima Feed PF dan LP, sedangkan Pokphand Group dengan Produk HiProVite 781 nya. Berikut kami informasikan spesifikasi dari kedua jenis pakan tersebut.

1. Produk Dari Matahari sakti yang sering digunakan :

PF500, PF800 dan PF1000 ( 10 kg )
Digunakan untuk pakan benih ikan lele yang masih kecil, para pembesar ikan lele biasa menggunakan PF 1000 di awal penebaran bibit lele ukuran 4-6 atau 5-7. Dengan protein lebih dari 40% akan mempercepat pertumbuhan bibit lele.

LP1, LP 2 , LP3 ( 30 Kg )
Digunakan secara bertahap setelah penggunaan PF 1000.

2. Produk dari Pokphand Group Sidoharjo

781-1 ( 30 kg )
Digunakan pada awal tebar.

781-2 ( 30 kg )
Digunakan pada pertengahan budidaya.

781-3 atau sering hanya menggunakan kode 781 dan sering disebut 781 polos. ( 30 kg )
Digunakan pada akhir budidaya .

Itulah produk pakan pabrikan yang sering di gunakan oleh para pembudidaya lele, tentunya masih banyak produk lain yang ada dan mungkin ada yang lebih bagus dari kedua produk diatas. Dari hasil pengamatan penulis sekaligus praktek dalam pembesaran ikan sepertinya ada perbedaan dari kedua produk tersebut, berikut analisa penulis:

Analisa Penulis Terhadap Kedua Jenis Produk tersebut :
Hasil pengamatan, hasil praktek dan dari hasil pengalaman para pembesar ikan lele di lingkungan kami bahwasanya ada dua kalimat yang bisa di ungkapkan :

  1. Apabila menggunakan pakan lele LP dkk  maka lele akan cepat tumbuh besar daripada menggunakan pakan 781 dkk.
  2. Apabila menggunakan pakan lele 781 dkk maka lele akan lebih berbobot dari pada menggunakan pakan LP dkk.

Nah dari analisa tersebut yang belum tentu 100% kebenarannya, karena cuman analisa dan hasil praktek petani kecil dengan dasar pengalaman maka kami memadukan kedua pakan tersebut.
PF 1000 di awal tebar, LP di pertengahan budidaya dan 781 di masa akhir budidaya dengan harapan bahwa lele tumbuh besar dengan bobot yang maksimal.

Semua pilihan jenis pakan ditentukan sendiri oleh para pembudidaya, selama lele bisa cepat tumbuh, layak jual ( lele tidak mengandung bakteri berbahaya ) dan menguntungkan  berarti pakan yang digunakan sudah tepat. Sedikit informasi untuk pembudidaya lele ini semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *