Cara Membuat Kolam Permanen Berbentuk Persegi Panjang Untuk Ikan lele

Kolam Permanen Untuk Perikanan

Kolam permanen merupakan salah satu jenis kolam yang sangat ingin dimiliki oleh setiap pembudidaya ikan, karena kontruksinya yang kuat dan bisa dipakai untuk sepanjang waktu maka kolam tersebut merupakan pilihan utama pembudidaya yang memiliki biaya lebih untuk membuat kolam tersebut. Kolam permanen memiliki banyak bentuk, ada yang di buat bundar, ada yang di buat persegi dan persegi panjang. Kolam tersebut terbuat dari bahan material bangunan seperti pasir, semen, besi dan batu. Biaya pembuatan kolam tergantung besar kecilnya kolam yang akan di buat.

Hal hal yang mempengaruhi minat seseorang untuk membuat kolam Beton secara permanen :

  1. Serius dalam berbudidaya ikan
  2. Memiliki lahan sendiri yang memang diperuntukkan untuk membangun kolam ikan
  3. Memiliki uang lebih untuk pembuatan kolam

Yang perlu di perhatikan dalam membuat kolam permanen :

  1. Sebaiknya kolam berukuran kecil dalam jumlah banyak, bukan berukuran besar tetapi jumlah sedikit. Kolam untuk pembesaran cukup dengan 3x2x1 meter dengan jumlah yang banyak makan pembudidaya lele akan lebih di untungkan karena panen bisa bergantian secara terus menerus dan pengelolaan airpun akan lebih mudah.
  2. Kolam ditanam di bawah tanah sedalam 40 cm berguna untuk menguatkan kontruksi kolam terhadap tekanan air.
  3. Pakailah batu bata, tidak disarankan memakai batako karena batako lebih mudah retak dan rembes apabila ada guncangan disekitar kolam.
  4. Buatlah dasar kolam miring seperti gambar diatas dan ditengah kolam diberi saluran pembuangan untuk membuang kotoran dalam kolam apabila diperlukan,
  5. Gunakan saluran pembuangan nomor satu apabila selokan pembuangan lebih tinggi dari dasar kolam.
  6. Apabila kolam sudah jadi jangan terburu buru untuk berbudidaya ikan, bersihkan dulu kolam dari zat berbahaya dengan cara mengisi penuh kolam dengan diberi larutan yang banyak di jual dipasaran untuk menetralisir zat berbahaya, tunggu kolam sampai berlumut dan baru siap dipakai.

Demikian ulasan yang singkat dari saya tentang kolam permanen semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca, apabila ada masukan silakan corat coret di kolom komentar.

Baca juga artikel saya tentang :

  • Cara Menghilangkan Zat Berbahaya Pada Kolam Baru
  • Biaya Pembuatan Kolam Beton
  • Cara Membuat Kolam Terpal
  • Cara Membuat Kolam Bundar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *