Pakan Alternatif Terbaik Untuk Ikan Lele

Disebut pakan alternatif  apabila pakan tersebut adalah pilihan kedua setelah pembudidaya merasa kurang mendapatkan keuntungan yang optimal apabila menggunakan pakan yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan pakan alternatif tersebut. Kategori pakan tambahan ( keong, ikan rucah ) sebenarnya juga termasuk di dalam pakan alternatif karena termasuk pilihan yang lain setelah pakan pabrikan untuk mengoptimalkan keuntungan.

Akan tetapi disini saya akan membahas tentang pakan alternatif yang harganya lebih murah karena pakan tersebut bisa kita buat sendiri ( membuat pelet sendiri ).

Tentunya dalam membuat pakan tersebut kita harus memperhatikan kandungan  yang ada di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, lemak dan kandungan yang lainnya untuk tumbuh lembang ikan lele. Syarat pakan alternatif buatan sendiri adalah tetap dengan minimal protein 30% untuk lele bisa tumbuh kembang secara normal dan boleh juga kurang dari 30% akan tetapi tentunya pertumbuhan lele akan sedikit melambat.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 50kg tepung ikan yang mempunyai kandungan protein >60% dengan 50 kg dedak halus  ber protein >15%  sehingga menghasilkan pakan seberat 100kg dengan rata rata kandungan proteinnya >30%. Selain itu bisa di tambahkan bahan bahan lainnyanya yang mendukung bahan pokok tersebut seperti vitamin-vitamin dll. Semua bahan dicampur kemudian di beri air secukupnya sampai merata kemudian di padatkan dengan pres atau digiling giling dengan kayu bundar. Setelah itu hasil adonan siap untuk dimasukkan kedalam mesin pencetak pelet. Hasil cetakan dikeringkan kemudian disimpan ditempat yang rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *