Tips Memilih Bibit Lele Yang Baik dan Benar

Dalam pemilihan bibit lele yang akan kita budidayakan,  kita dihadapkan pada kenyataan bahwa memang kita tidak punya pilihan untuk memilih bibit lele yang akan kita budidayakan. Biasanya bibit sudah disiapkan oleh pembenih dengan ukuran yang telah kita pesan dan kita tidak bisa menyeleksi satu persatu lele yang disediakan oleh pembenih. Untuk itu kita harus tahu apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi persoalan tersebut. Berikut tips memilih bibit lele yang benar dari saya :

  1. Cari pembenih yang sudah dipercaya banyak orang, minta rekomendasi kepada pembudidaya disekitar lingkungan anda.
  2. Pesan bibit minimal ukuran 5-7 murni, cek langsung pakai penggaris bahwa bibit yang disediakan adalah 5-7. sampling dan ukur bibit lele tersebut. Ukur dari moncong depan sampai pangkal ekor, jangan salah ukur ya… pangkal ekor lho…bukan ujung ekor.
  3. Lihat lingkar kepala lele kebawah, apakah ukurannya proporsional atau tidak. apabila tidak proporsional maka bibit tersebut kurang perawatan.
  4.  Ingat gerakan lele yang lincah pada drigen angkut bukan berarti bahwa lele tersebut sehat, lihat seberapa cepat adaptasi lele dengan lingkungan baru di kolam anda. Apabila cepat beradptasi maka bibit tersebut boleh dibilang bagus dan kesempatan yang lain boleh pesan lagi di pembenih tersebut ( syarat media harus sudah siap ).

 

Empat tips diatas semoga bisa membantu teman semua dalam memilih bibit lele yang bagus, jangan segan segan menolak bibit lele yang telah di pesan apabila memang bibit tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *