Pola Pemberian Pakan Yang Tepat Untuk Lele

Salah satu proses yang harus di perhatikan dalam budidaya lele adalah kapan dan bagaimana cara kita memberikan pakan kepada lele yang kita budidayakan. Apabila anda browsing dan mencari informasi tentunya akan banyak sekali cara dalam pemberian pakan dengan berbagai alasan yang berbeda – beda. Disini saya akan memberikan sedikit tips tentang kapan dan bagaimana cara pemberian pakan lele yang paling tepat, ” anda harus cari tahu sendiri bagaimana pola terbaik dalam pemberian pakan untuk lele anda ” karena dipastikan setiap daerah memiliki suhu yang berbeda dan kualitas air yang berbeda¬† tentunya itu berpengaruh terhadap budidaya yang kita lakukan. Daerah A bisa panen dalam waktu 60 hari akan tetapi daerah B mungkin membutuhkan waktu 90 hari dengan jumlah pakan yang sama. Maka jangan sekali – kali menargetkan waktu sebelum mendapatkan pola terbaik dalam pemberian pakan di daerah anda. Berikut tips nya:

  1. Beri pakan lele anda minimal 4x sehari.
  2. Pemberian pakan usahakan 80% kenyang.
  3. Catat setiap gram pakan yang anda berikan kepada lele pada sebuah daftar monitoring pakan yang sekurang kurangnya memuat keterangan jumlah pakan per hari yang di berikan.
  4. Lakukan pencatatan sampai panen tiba.

Setelah panen maka anda bisa mengevaluasi hasil panen dengan data monitoring pakan yang telah anda buat, apabila hasilnya bagus maka anda bisa menggunakan data tersebut sebagai patokan dalam budidaya di daerah anda.  Apabila memang hasilnya kurang memuaskan ( misalkan habis 120 kg pakan tetapi panen lele hanya 100 kg ) maka anda bisa mengurangi pakan yang diberikan kepada lele pada budidaya selanjutnya dengan pedoman data monitoring yang telah ada.

Dengan pencatatan monitoring pakan maka anda akan mendapatkan data di setiapkali budidaya dan setelah anda mendapatkan data yang terbaik maka data tersebut bisa menjadi patokan untuk budidaya selanjtnya.

Berikut contoh tabel monitoring pakan 5x pemberian pakan dalam sehari :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *