Media Untuk Filter Air

Media Untuk Filter Air

Filter Air – Untuk mendapatkan kualitas air yang baik dalam budidaya ikan sebaiknya pada awal di masukkannya air ke kolam harus di filter dahulu dengan bantuan filter air. Hal ini dimaksutkan untuk mengikat unsur besi, menghilangkan bau air, menjernihkan air menstabilkan ph dan menetralisir air dari kandungan kandungan zat yang berbahaya untuk kehidupan ikan nantinya.

Berikut adalah gambar tempat untuk meletakkan media filter air sebelum air masuk ke kolam, bisa juga menggunakan ember atau tempat yang lain. Intinya air harus melewati beberapa media filter air yang berada di dalam tempat tersebut untuk mengurangi zat – zat yang tidak baik untuk ikan kita nantinya.

Berikut Media Filter air yang digunakan untuk menyaring air :
 1. PASIR ZEOLIT

Pasir ini berwarna kehijauan yang berfungsi menyaring zat besi dalam air, menjaga keasaman air dan untuk menjernihkan air.
Dengan menggunakan filter pasir zeolit tersebut maka kadar besi air akan berkurang sehingga air akan lebih cepat siap di gunakan untuk berbudi daya.


2. PASIR SILIKA

Baik di gunakan untuk filter air karena dapat mengikat lumpur halus pada air. Pasir ini bisa kita beli di toko aquarium.


 3. PASIR AKTIF

Berfungsi untuk mengikat unsur besi, mangan serta sulfida yang berada pada air sumur atau sumber.

4. KARBON AKTIF

Karbon aktif banyak di jual di toko toko pertanian ataupun perikanan, karbon tersebut terbuat dari batok kelapa yang telah di bakar sampai menjadi karbon. Karbon tersebut baik di gunakan karena terbuat tanpa proses kimiawi. Fungsinya untuk menghilangkan bau air karena mengandung zat yang tidak baik, menjernihkan air dan mengikat zat berbahaya pada air.

Keempat media filter tersebut sangat baik di gunakan untuk memfilter air sebelum air masuk ke kolam lele, air yang di filter adalah air dari sumber yang pertama kali masuk ke kolam ataupun pada saat pergantian air di tengah budidaya. 

Selamat mencoba. Salam sukses dunia perikanan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *