Cara Pembibitan Lele Yang Efektif

Cara Pembibitan Lele Yang Efektif

Pembibitan Lele – Berikut cara pembibitan lele yang bisa menambah referensi Anda dalam perihal budidaya ikan lele yang sedang merebak di seluruh Indonesia. Semoga artikel cara pembibitan lele ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

·   Pembibitan lele secara alami

 
Berbagai macam cara, yang terus dilakukan oleh para ahli penelitian lele untuk bisa mengembangkan serta membudidayakan lele agar semakin mudah dan efektif, sebelum kepada pembibitan yang bisa dilakukan dengan cara efektif, langkah berikut ini merupakan pembibitan secara alami pada umumnya. Maksud alami disini adalah pertemunya lele jantan serta betina yang telah Anda pisahkan kedalam kolam khusus reproduksi.
 
Sebelum kepada caranya, alangkah lebih baiknya persiapkan kolam yang dipersiapkan dengan bahan kaca, agar Anda bisa mengawasi telur dari hasil pembuahan mereka. Kemudian pilih lele yang sudah siap untuk bereproduksi, karena dari posisi ukuran badan serta kelincahan mereka akan sangat berbeda jika memang sudah siap untuk bereproduksi. Untuk proses memasukkan kedua induk lele, karena karakter lele aktif pada sore dan malam hari, sebaiknya masukkan lele betina dan jantan ke dalam kolam yang sudah disediakan di antara jam empat atau jam lima sore. Mereka akan melakukan proses perkawinan di malam hari hingga subuh sebelum matahari terbit.
 
Setelah itu, ambil kedua induk tersebut dan lihat pada kolam yang telah Anda persiapkan, nanti akan ada telur akan menempel pada bagian kakaban yang sudah disiapkan oleh Anda. kondisi tersebut Anda harus mempertahankan suku iklim yang ada pada kolam itu agar telur tidak mati. Selama kurang lebih satu hari, telur akan menetas menjadi sebuah larva, lalu pisahkan telur yang gagal dengan larva agar terhindar dari jamur. Setelah larva tersebut bersih, Anda tinggal masuk kepada tahapan pemeliharaan lele seperti pada umumnya.
 

·    Pembibitan lele cara intensif

 
Untuk pembibitan yang efektif, secara metode hampir sama dalam ilmu biologi bahwa pembuahan terjadi jika sperma jantan bertemu dengan ovum dari betina. Tetapi kadang untuk bisa mempercepat proses pembuahan tersebut, beberapa para ahli menemukan cara efekti dengan cara menyuntikkan sejenis hormon yang akan mempercepat rangsangan pertumbuhan antara sperma jantan dan ovum betina. Sehingga dengan proses penyuntikan tersebut maka kinerja reproduksi induk betina akan lebih efektif dan lebih maksimal.
 
Untuk mendapatkan hormon tersebut, Anda tidak perlu membelinya, hormon yang membantu merangsang proses reproduksi tersebut di ambil dari ikan yang sudah matang untuk bereproduksi. Nama hormon teresbut adalah kelenjar hipofisa. Cara mendapatkannya adalah membelah kepala ikan dengan pisau, kemudian potonglah lele tersebut pada bagian atas kepala kemudian pisahkan bagian kepala tersebut lalu bersihkan. Anda akan melihat butiran putih yang banyak, dan itulah hipofisa. Cara agar menjadi cair dengan menumbuknya kemudian campur dengan air yang bersih dan bening memiliki tingkat TDS seperti air yang kita minum. Setelah itu kocok hingga kedua cairan tersebut bersatu, lalu diamkan sekitar lima sampai sepuluh menit. Nanti akan terlihat pemisahan antara cairan jernih dengan cairan keruh. Ambillah yang jernihnya dengan sebuah alat khusus yaitu jarum suntik, kemudian suntikkan pada kedua induk ikan lele untuk persiapan nanti malam bereproduksi.
 
Perlu diingat bahwa penyuntikan lele harus berada pada bagian punggung ikan tersebut. Biasanya untuk menentukan posisi yang bagus, pegang bagian kepala lele kemudian Anda akan melihat bagian otot pada punggung lele kemudian arahkan jarum suntik ke arah ekor, setelah itu suntikkan dengan pelan, setelah cairan jernih tersebut habis, lalu cabut kembali jarumnya. Secara proses, cairan tersebut akan menyebar keseluruh tubuh ikan lele.
 
Itulah tips cara pembibitan lele yang efektif, yang bisa memproduksi dengan cara yang cepat, tepat dan maksimal. Segala perihal memulainya harus berdasarkan dengan rasa senang terhadap perilaku ikan lele, sehingga akan menghasilkan sebuah kenyamanan dalam proses pembudidayaan yang baik dan sehat. Karena lele merupakan mahluk hidup yang sama memiliki rasa, dengan Anda memiliki kasih sayang yang baik dalam memeliharanya, lele pun akan memiliki respon yang baik dalam kehidupannya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *