Memulai Budidaya Lele Organik

Memulai Budidaya Lele Organik

[yasr_visitor_votes size=”small”]Usaha budidaya lele organik adalah salah satu cara berternak yang cukup menjanjikan. Untuk sebagian orang yang melakukan usaha budidaya lele mungkin budidaya lele organik ini sudah tidak asing lagi. Budidaya lele organik adalah teknik budidaya lele yang ramah lingkungan. Usaha budidaya lele organik memanfaatkan pengaturan mikroorganisme yang positif yang berada pada kolam. Teknik ini juga memanfaatkan siklus yang sama dengan lingkungan dan habitat lingkungan ikan lele yang asli dan pada umumnya.

Budidaya Lele Organik dilakukan untuk meringankan beban para peternak lele yang kadang merasa kesulitan dan keberatan dengan harga yang mahal pada pakan dan pembesaran lele. Semua pakan lele dalam budidaya lele organik sudah tersedia di alam sehingga peternak lele sebenarnya tinggal mengolah supaya pakan ini bisa menjadi makanan yang bergizi bagi ikan lele. Mungkin, kebanyakan peternak lele menggunakan bahan – bahan yang mengandung zat kimia dalam mempercepat pertumbuhan ikan lele. Karena sudah ada teknik yang ramah lingkungan dalam melakukan usaha budidaya lele ini sebaiknya peternak melakukan teknik budidaya lele organik ini.

Keunggulan Budidaya Lele Organik

Budidaya lele organik yang merupakan makhluk hidup tentu akan memerlukan perawatan khusus. Kalau tidak, lele – lele yang dibudidayakan bisa mati sebelum waktunya dipanen dan akhirnya peternak malah jadi merugi. Karena itu, untuk menjadi peternak lele membutuhkan ketelatenan dan keuletan dalam membudidayakan lele ini. Budidaya lele organik ini perlu dicoba karena memiliki keunggulan dibanding teknik budidaya lele yang menggunakan zat yang mengandung bahan – bahan kimia. Berikut keunggulannya :
  • Dapat menghemat pakan lele dari masa pembibitan hingga masa panen lele tiba.
  • Menekan biaya dan bisa menghemat biaya pemeliharaan lele.
  • Tingkat kematian lele pun bisa ditekan sekecil mungkin.
  • Mengurangi frekuensi penggantian air kolam. Bahkan penggantian air kolam ini juga bisa tidak perlu dlakukan.
  • Teknik budidaya lele ini ramah lingkungan sehingga akan menyehatkan karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.
  • Tekstur daging pada lele ini jadi lebih bagus, gurih dan enak pada saat dimasak.
  • Tidak menyebabkan bau karena adanya mikroorganisme yang dimanfaatkan di dalam kolam lele.
  • Menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu sring mengganti air pada kolam lele.

Cara Kerja Budidaya Lele Organik

Pada umumnya cara kerja dari teknik pembudidayaan lele ini adalah dengan cara mengandalkan mikroorganisme alami yang memiliki tugas sebagai pengurai kotoran dan juga amoniak yang berada di dalam kolam lele. Sehingga hal ini membuat media pemeliharaan selalu sehat dan membuat lele jadi tidak mudah terserang penyakit. Sistem yang ada pada air kolam lele yang tertutup ini juga bisa menghasilkan pakan alami untuk ikan lele yang sedang dibudidayakan ini. Para peternak lele hanya perlu membuat ramuan alami atau kompos yang biasa disebut oleh para pembudidaya ikan lele. Pemberian pro biotik pada kolam ikan lele juga akan membuat terjadinya simbiosis mutualisme antara pakan alami dan mikro organisme kecil seperti flok dan plankton. Pakan alami inilah yang akan menguraikan kotoran pada kolam ikan lele. Ketika pemberian pro biotik ini berhasil, maka air di dalam kolam ikan lele ini akan berubah warna. Warna air kolam ikan lele akan berubah menjadi sedikit merah kecoklatan dan tidak akan bau. Media untuk pakan lele ini bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Bahan – bahan ini pun berasal dari alam sehingga tidak akan sulit untuk mencarinya. 
 
Pemeliharaan dan pembersihan kolam lele dengan teknik budidaya organik ini memang lebih ringan dan memudahkan para peternak ikan lele. Namun para peternak lele tatp perlu memerhatikan kestabilan pH air. Karena hal ini sangat penting untuk pertumbuhan mikroorganisme pada kolam lele ini. Kondisi pH yang buruk seperti terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan ekosistem dalam air ini menjadi rusak. Ekosistem yang rusak ini lah yang bisa menjadi racun  yang justru membahayakan ikan lele. Karena itu, air yang ada pada kolam lele ini tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa perawatan. Walaupun banyak suka dan duka dalam menjalankan usaha budidaya lele organik, namun usaha budidaya lele organik tetap layak untuk dicoba dan dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *