Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan lele

Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan lele

Cara Budidaya Maggot

Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele sebenarnya tidak begitu rumit, akan tetapi kita tidak boleh asal berbudidaya begitu saja tanpa mencari informasi tentang hal tersebut. Yang perlu kita ketahui sebelum budidaya maggot adalah jawaban dari pertanyaan berikut ini.

Hewan apa yang bertelur dan menghasilkan maggot? apakah lalat hitam kecil, apakah lalat ijo atau lalat tentara. Ketiga lalat tersebut bisa menghasilan maggot semua, akan tetapi yang sudah umum dibudidayakan dan memang sudah diteliti adalah maggot yang berasal dari lalat tentara. Akan tetapi banyak para pembudidaya maggot yang asal asalan dalam berbudidaya, akhirnya maggot yang dihasilkan adalah maggot campuran dari ketiga jenis lalat tersebut. 
Sedikit akan saya jelaskan tentang Cara Budidaya Maggot tersebut apakah mengandung bakteri yang berbahaya atau tidak.

Apabila yang bertelur adalah lalat hijau atau lalat hitam kecil pada Cara Budidaya Maggot
Lalat tersebut lebih suka mengurai daging busuk dan sejenisnya dan tentunya tubuh serta kaki lalat mengandung banyak bakteri yang berbahaya yang bisa mengakibatkan penyakit untuk manusia.  Bagaimana kalau maggot kan diberikan untuk lele? : memang benar diberikan untuk lele akan tetapi maggot yang dihasilkan oleh dua jenis lalat yang mengandung bakteri berbahaya  tersebut tentunya akan mengandung bakteri yang sama. Itu hanya logika penulis, untuk informasi penelitian tentang maggot yang berasal dari lalat hijau belum ada yang memberikan informasi secara jelas.
·         Apabila yang bertelur pada Cara Budidaya Maggot adalah lalat tentara
Lalat tersebut lebih suka hinggap dan bertelur di buah-buahan atau sayur-sayuran yang nantinya akan membusuk dan menjadi media berkembang biaknya maggot. Lalat tentara tersebut pernah di teliti dan memang dibenarkan bahwa tidak ada bakteri berbahaya atau penyakit yang dibawa oleh lalat tersebut sehingga maggot yang dihasilkan layak dikonsumsi oleh lele. Akan tetapi apabila budidaya maggot dengan lalat tentara dilakukan ditempat terbuka tentunya ada kemungkinan lalat lain akan ikut berpartisipasi sehingga bisa menyebarkan bakteri yang berbahaya tersebut di media budidaya. Oleh karena itu ada teknik tersendiri tentang bagaimana cara membudidayakan maggot tersebut.
Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele
Persiapan sebelum budidaya maggot adalah memiliki tempat khusus untuk menangkar lalat tentara yang diberi jarring mengelilingi ruangan sehingga lalat tentara tidak bisa keluar dan lalat hijau tidak bisa masuk. Ruangan cukup 2×3 meter dengan tinggi 2,5 meter.

Setelah ada tempat yang telah dipersiapkan tentunya kita harus mencari jenis lalat tentara tersebut untuk menjadi indukan petelur kedalam media yang nantinya akan kita siapkan. lalat tersebut bisa anda beli di pembudidaya yang telah lama membudidayakan maggot tersebut atau bisa dengan cara mudah yang telah saya tulis dalam artikel saya yang berjudul Cara Mengundang Lalat Tentara Untuk Budidaya Maggot

Setelah indukan lalat kita dapatkan dan ruang tempat penangkaran sudah tersedia sekarang kita mempersiapkan tempat untuk pengembangbiakkan maggot. Besarnya tempat menyesuaikan banyaknya maggot yang ingin kita dapatkan. Disini akan saya ilustrasikan menggunakan ember cat berukuran 20 kg. Untuk bahan yang perlu kita persiapkan adalah dedak halus,air dan daun pisang yang telah berwarna coklat dan tidak basah. Cara Budidaya Maggot Pertama-tama kita harus memodidikasi ember dahulu, tutup ember dilepas dan bagian atas diberi besi streamin berukuran tinggi 3 cm melingkar rapi diatas ember. Kemudian masukkan media berupa dedak halus sesuai dengan keinginan dan diberi air secukupnya kemudian diaduk sampai rata seperti adukan semen aci. Daun pisang yang telah berwarna coklat diletakkan diatas dedak halus. Setelah itu tutup ember diletakkan diatas streamin tersebut dan dirapikan kemudian ember tersebut diletakkan kedalam tempat pengangkaran lalat tersebut berada dan lalat tersebut akan bertelur kedalam embel melewati streamin sebagai pintu masuk dan keluar. Buat 5 atau 10 ember dengan cara yang sama atau sesuai dengan yang ingin kita dapatkan kemudian kita tunggu sampai 15 hari kedepan maggot tersebut siap untuk di panen dan bisa kita gunakan untuk menambah protein kepada lele kita. Cara Budidaya Maggot memang sangat mudah dan semua bisa di praktekkan.

Panen Maggot Pada Cara Budidaya Maggot
Bagi yang masih awal dalam Cara Budidaya Maggot dan agak geli melihat banyaknya maggot yang kotor karena media bisa dengan cara membuka tutup ember dan jangan diaduk. Kemudian kocor ember tersebut dengan air secara pelan pelan sampai luber dan sampai air didalam ember berwarna bening. Pastikan maggot tidak ada yang ikut terbuang keluar. Setelah itu saring maggot tersebut dan cuci. Maggot telah siap utnuk diberikan kepada lele.  Begitulah cara budidaya maggot untuk pakan lele, apabila anda ingin mengetahui pakan alternatif lele lainnya maka silakan baca artikel saya di link bawah berikut.

Baca Juga Artikel :

       Pakan Alternatif Untuk Lele

One thought on “Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan lele

  • August 23, 2016 at 8:38 pm
    Permalink

    Selain media tersebut, apakah dibutuhkan pakan lain? Kalau perlu, berapa banyak dan kapan saja diberikan?

    Terimakasih….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *