Lalat Black Soldier Fly Penghasil Protein Pakan

Lalat Black Soldier Fly Penghasil Protein Pakan

[yasr_visitor_votes size=”small”] Black Soldier Fly yang kemudian disingkat BSF memiliki warna hitam pekat yang akan bertelur dan menetaskan larva yang disebut maggot. Larva tersebut berprotein sekitar empat puluh sampai dengan lima puluh persen. Oleh karena larva yang mengandung protein tinggi tersebut di luar negeri BSF banyak ditangkarkan sebagai penghasil larva sebagai bahan pakan ikan pabrikan. Larva tersebut juga bisa langsung diberikan untuk lele tanpa harus di buat menjadi pakan pelet dahulu.

Jarang kita jumpai BSF terbang dan hinggap dimakanan manusia, atau masuk kedalam rumah karena memang BSF tidak seperti lalat kecil atau lalat hijau pada umumnya. Untuk pembudidaya maggot di awal memang sangat sulit mencari lalat tersebut apabila belum tahu caranya. Berikut saya akan memberikan tips cara mengundang black soldier fly tersebut.



1. Mengundang Black Soldier Fly Lakukan dengan cara acak.

  • Tentunya persiapkan tempat untuk penangkaran Black Soldier Fly tersebut. Tempat yang rapat agar lalat tidak bisa keluar.
  • Lakukan budidaya Black Soldier Fly seperti info pada artikel saya Maggot Untuk Pakan Lele , banyak jenis lalat yang akan bertelur di media akan tetapi untuk pertama kali saya rasa memang itu yang harus terjadi.
  • Tunggu 15 hari maka larva Black Soldier Fly akan bermunculan keluar dan lihat perkembangan larva sampai 7 hari kemudian dan larva tersebut sampai menjadi lalat yang belum bisa terbang, tubuh belum begitu mengeras dan sayap sepertinya masih agak basah.
  • Lakukan seleksi terhadap lalat tersebut, ambil jenis lalat BSF nya dan buang lalat yang lain jauh dari pemukiman rumah warga agar lalat tidak masuk kedalam rumah.
  • Masukkan lalat Black Soldier Fly muda kedalam penangkaran, beri minuman dengan cara gelas ditaruh tengkurap dilapisi kain dan ditempatkan diatas piring, kain tersebut seperti sumbu yang akan selalu basah, usahakan kain dibuat selebar piring untuk tempat tatakan gelas tersebut. Semoga ilustrasi tanpa gambar ini bisa dimengerti oleh pembaca.
  • Didalam penangkaran diberi pohon kecil hijau untuk tempat istirahat BSF dan juga agar terlihat segar dipandang oleh pembudidaya. Bersihkan tempat penangkaran agar lingkungan tetap terjaga dan terlihat tidak jorok.

Ternyata mudahkan Cara Mengundang Lalat Black Soldier Fly pertama kali dalam budidaya larva BSF, kenapa harus bingung? lakukan tips tersebut BSF segera didapatkan. Yang perlu diwaspadai adalah pada tahap proses seleksi harus benar – benar teliti agar lalat lainnya tidak ikut terbawa dan masuk kedalam penangkaran. Usahakan penangkaran steril dari lalat yang bukan jenis BSF.

2. Buy Form Farmers Black Soldier Fly
Beli BSF tersebut dari penangkar yang sudah melakukan penangkaran. Sekaligus melihat praktek dan belajar melakukan penangkaran serta budidaya larva Black Soldier Fly
3. Mencari PrePupal BSF
Mencari di tempat sampah organik yang berada di dekat rumah kita, atau ditempat lain yang sekiranya ada sampah organiknya. Karena larva Black Soldier Fly sangat suka berada di tempat organik.  Larva tersebut sekaligus pengurai sampah organik terhandal yang ada di jagat raya ini dan bisa menetralisir bakteri ekoli serta sejenisnya.
Berikut gambar PrePupal BSF
Black Soldier Fly
Larva Black Soldier Fly
Apabila anda ingin berbudidaya larva BSF maka lakukan dengan serius, bisa untuk diberikan kepada lele yang kita pelihara dan juga bisa dilakukan budidaya dengan skala sedang ataupun besar untuk dijadikan tepung dan kerjasama dengan produsen pakan ikan. Anda yang menyuplai larva Black Soldier Fly ber proten tinggi dan produsen pelet yang menerima untuk dijadikan campuran pakan ikan yang di produksinya. Apabila bisa berjalan lancar maka satu kali dayung tiga muara terlampaui. Bisnis tidak besar tapi menghasilan laba yang besar. Sukses selalu.

3 thoughts on “Lalat Black Soldier Fly Penghasil Protein Pakan

  • September 16, 2016 at 4:34 am
    Permalink

    selamat siang
    yg dimaksud streamin 3 cm itu apa ? tks

    Reply
    • September 27, 2016 at 6:24 am
      Permalink

      Yang biasa digunakan untuk menutupi fentilasi udara, jaring kawat.

      Reply
  • January 7, 2017 at 1:46 am
    Permalink

    Selamat pagi, mau tanya. Yang menyediakan larva BSF dimana ya? Ada kontak yang bisa saya hubungi? Terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *