Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Besar


Budidaya ikan lele cepat besar merupakan harapan dari setiap peternak lele. Karena dengan cepat besarnya ukuran tubuh lele maka akan cepat pula panennya sehingga perputaran budidaya ikan lele berlangsung dengan baik. Walaupun permintaan ikan lele disetiap daerah bergerak turun naik akan tetapi bisnis budidaya lele ini masih tergolong menjanjikan. Ikan lele dumbo merupakan jenis ikan lele yang mudah untuk di budidayakan. Tekstur daging ikan lele dumbo tidak kalah enaknya dengan tekstur daging lele lokal, karena itulah ikan lele mempunyai banyak penggemar. Ikan lele cepat besar di kolam terpal karena manajemen air dan pengelolaannya lebih mudah dari pada di kolam tanah.

Kondisi air yang berwarna hijau agak keruh merupakan habitat yang sangat disukai oleh ikan lele, walaupun hijau dan keruh asal air tidak berbau menyengat ikan lele akan tetap bisa tumbuh besar secara normal dan bisa bertahan sampai panen. Kondisi yang seperti inilah pemicu peternak lele untuk budidaya ikan lele di kolam terpal. Kondisi dimana habitat budidaya ikan lele di kolam terpal bisa di atur sesuai keinginan peternak sehingga ikan lele bisa cepat besar dan panen. Cara budidaya ikan lele di kolam terpal memiliki banyak kelebihan yaitu:

  • Dalam Budidaya Ikan Lele Ukuran kolam terpal bisa disesuaikan dengan lahan kosong yang dimiliki oleh peternak.
  • Dalam Budidaya Ikan Lele mudah dalam pergantian air apabila diperlukan.
  • Mudah untuk memantau keadaan ikan lele yang kita budidayakan.
  • Mudah dalam granding ikan lele.
  • Dalam Budidaya Ikan Lele bisa dibuat pembuangan air dengan sistem central drain, kotoran bawah akan mengalir keluar pada saat pergantian air.
Agar ikan lele bisa cepat besar di kolam terpal ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh peternak lele sebagai berikut:

Cara Yang Bisa Dilakukan Dalam Budidaya Ikan Lele Agar Ikan Lele Bisa Cepat Besar

Penebaran Bibit Budidaya Ikan Lele

Bibit yang ditebar minimal berukuran 5-7 cm, dengan kepadatan tebar rendah atau 200 ekor/m3 standar panen adalah 50 s.d 60 hari. Apabila tebar padat sedang 300-400 ekor/m3 standar panen 70 hari. Apabila pada tebar tinggi tentunya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dan ada cara tersendiri.

Kontrol Air Budidaya Ikan Lele

Perhatikan kualitas air dalam budidaya, ganti air seminggu sekali. Usahakan air selalu berwarna hijau dan gunakan dolomit seminggu sekali untuk menjada PH air, serta gunakan bakteri probiotik untuk mengurai kotoran ikan. Apabila hujan deras dan air masuk ke kolam maka wajib dilakukan pemberian dolomit 50gram/m3 setelah hujan reda dan kurangi jatah pakan.

Pemberian Pakan Dalam Budidaya Ikan Lele

Pemberian pakan minimal adalah lima kali dalam sehari, teknik pemberian pakan menggunakan teknik berhenti kasih makan sebelum kenyang. Untuk pemula biasanya memang masih kurang greget kalau menggunakan sistem ini karena pembudidaya baru lebih senang melihat lele yang dipelihara bisa makan lebih banyak. Akan tetapi itu malah bisa menjadi permasalahan yang rumit di kemudian hari, alangkah baiknya apabila lebih sabar dan lebih mengerti sistem cerna ikan lele.

Perawatan Ikan lele Dalam Budidaya Ikan Lele

Lele dirawat dengan cara memberikan probiotik dan vitamin kedalam makanan. Bukan hanya itu perawatan lainnya adalah dengan cara memuasakan ikan setiap satu minggu sekali sesudah ganti air. ( Pada cuaca mendung dan sering hujan usahakan jangan sering ganti air, cukup buffer dengan probiotik serta domomit setiap minggunya dan puasakan).

Sortir Dalam Budidaya Ikan Lele

Lakukan sortir di usia lele empat puluh hari, maka lele akan cepat besar di kolam terpal. Ikan lele yang memiliki ukuran besar dijadikan satu tempat dengan ukurannya maka hari ke enam puluh lele tersebut akan segera bisa di panen kemudian menyusul lele yang berukuran dibawahnya 10 hari kedepannya. Dengan cara itu maka lele akan cepat tumbuh besar dan pakan akan sangat efisien sekali.

3 thoughts on “Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Besar

  • March 5, 2016 at 1:59 pm
    Permalink

    saya pelihara pembesaran lele di kolam terpal alhamdulillah sudah jalan 2 bulan asupan makan nya cuman pelet saja, saya punya kendala lele saya pertumbuhan nya lambat cara agar lele bisa di pacu untuk cepat besar mohon pencerahannya. makasih

    Reply
    • March 5, 2016 at 10:13 pm
      Permalink

      lambatnya bagaimana gan, tebar berapa habis pakan berapa dan skrg udah 2 bulan bobot rata2nya sudah berapa?

      Reply
  • November 2, 2016 at 2:51 pm
    Permalink

    Lele di kolam terpal saya sudah 3 bukan lebih,tapi masih sebesar jari gan,,dolimit itu apa gan,beli dimana?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *