Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam

Budidaya Ikan Nila di Kolam

Ikan nila ini memiliki keistimewan tersendiri untuk di budidayakan dari pada ikan lainnya seperti mujaer ataupun gurame. Keistimewaan ikan nila tersebut yang menajdi pengikat para pembudidaya ikan nila untuk terus berbudidayakannya. Keistimewaan dari budidaya ikan nila adalah ikan tersebut bisa tumbuh besar lebih cepat dari pada ikan gurame dan sejenisnya. Dengan tekstur daging yang empuk dan rasa daging yang lezat tidak kalah enak dan tebalnya dengan daging ikan gurame membuat para pecinta ikan nila tetap bisa menikmati daging ikan tersebut. Pertumbuhan yang cepat bisa mencapai satu kg per ekor, faktor tersebut menjadikan ikan nila primadona dalam budidaya ikan air tawar. Selain bisa mencapai berat 1 kg ikan nila harga jual juga tinggi dengan pertumbuhan yang cepat serta masa panen yang relative singkat dari pada ikan gurame. Dalam budidaya ikan nila bisa menggunakan banyak cara dan media, bisa di dalam kolam tembok, di keramba dan di air payaupun ikan nila ini bisa berkembang dengan baik.

Sebelum budidaya ikan nila kita perlu tahu juga proses kembangbiak dan kebiasaan ikan nila tersebut sebagai berikut :

Usia Dewasa
Ikan nila dikatakan masuk pada usia dewasa ketika ikan nila sudah mencapai umur kurang lebih lima bulan, baik itu berukuran keci atau berukuran sedang tetap dinamakan ikan dewasa. Jadi tetap waspada dalam pembelian bibit ikan nila, harus tahu dulu informasi perkembangan ikan nila tersebut.

 

Usia Bertelur
Menginjak umur satu tahun biasanya ikan nila sudah berbobot kurang lebih 900 gram. Pada usia 1,5 tahu sampai dengan 2 tahun ikan nila sudah siap untuk berkembang biak, inilah batas usia maksimal pertumbuhan ikan nila.
Kabiasaan Ikan Nila
Pada musim kawin ikan jantan membuat sarang yang dijadikan daerah kekuasaannya yang kan diteluri oleh ikan betina, pada budidaya ikan nila disaat musim kawin ikan jantan lebih agresif dari biasanya, musim kawin bisa berlangsung 7 kali dalam satu tahun dan ikan nila bisa menghasilkan larva sekitar 1300 s.d 1500. Ikan nila jantan bisa tumbuh 40% lebih cepat dari betinanya.
Ikan omnivora ini bisa tumbuh danberkembang biak dengan berbagai macam makanan nabati ataupun hewani , pakan ikan nilapada budidaya ikan nila ini sama seperti pakan yang diberikan untuk ikan gurame yang sudah saya ulas pada artikel Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar.

Pertumbuhan ikan nila pada proses budidaya ikan nila sangat tergantung sekali dengan keadaan media, air kolam yang terlalu tinggi mengakibatkan tubuh kembang ikan nila sedikit terhambat karena plankton dan tumbuhan air yang berada did lam kolam sebagai pakan alami ikan nila juga tumbuh sedikit terhambat. Ikan nila sangat cocok di budidayakan di kolam dangkal dengan sinar matahari yang cukup sehingga pertumbuhan plankton dan tanaman air bisa berkembang, dengan berkembangnya plankton dan tumbuhan air sebagai makanan ikan nila maka pertumbuhan bibit budidaya ikan nila akan berlangsung lebih cepat. Disaat ikan nila sudah beranjak dewasa dapat diberi pakan tambahan berupa pellet pabrikan dan daun – daun nabatai seperti daunt alas dan sejenisnya.

 

Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Besar
1. Bibit Budidaya Ikan Nila
Membeli bibit ikan nila yang berkelamin jantan, cari pembibit yang melakukan jantanisasi terhadap ikan nila yang dipijahkannya, pilih benih yang sudah berukuran dewasa karena lebih mudah dalam proses pemeliharaannya dan lebih mudah pula dalam prosen penjualannya karena akan segera menjadi ukuran konsumsi.
2. Media Budidaya IkanNila
Media budidaya yaitu air harus dipersiapkan jau – jauh hari sebelum bibit di tebar, usahakan pemupukan air menggunakan probiotik agar plankton dan lumut cepat berkembang. Air jangan terlalu dalam.
3. Penebaran Bibit pada Budidaya Ikan Nila
Penebaran dilakukan dengan cara mengadaptasikan bibit terlebih dahulu dengan cara memasukkan plastic tempat bibit dibawa kedalam air kolam, tunggu sekitar 15 menit baru buka tali plastik dan ikan nila dikeluarkan secara perlahan.
4. Pemberian Pakan Budidaya Ikan Nila
Pemberian pakan dilakukan lebih dari 5 kali dengan waktu/jam yang konsisten. Pakan wajib mengandung protein hewani dan protein nabati. Berikan probiotik dan vitamin kedalam pakan untuk metabolism pencernaan yang lebih baik lagi.
5. Perawatan Budidaya Ikan Nila
Air harus selalu dirawat, apabila sudah waktunya ganti air maka air harus segera diganti, apabila ada ikan nila yang terkena penyakit maka segera di obati.

 

Semoga Artikel Budidaya Ikan Nila ini bisa menambah referensi dan manfaat pembaca semua.

One thought on “Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *