Cara Membuat Aquarium Mini Sendiri

Cara Membuat Aquarium Mini Sendiri

Aqurium mini merupakan salah satu hiasan rumah yang sangat bermanfaat sekali untuk menghilangkan penat setelah lelah bekerja, dengan beberapa macam ikan hias yang cantik di dalam aquarium maka bisa membuat pikiran kita menjadi lebih segar kembali. Alangkah puasnya apalagi aquarium mini tersebut adalah hasil buatan kita sendiri, walaupun kecil dan sederhana apabila itu buatan kita sendiri maka akan ada nilai lebih untuk diri kita sendiri.

Bahan – Bahan Yang Harus di Persiapkan Untuk Membuat Aquarium Mini

  • Kaca sebagai bahan utama pembuatan dinding aquarium. Ukuran tebal kaca yang digunakan direkomendasikan berukuran minimal 5mm, Kaca aquarium mini berukuran panjang 40, lebar 25 cm dan tinggi 30 cm bisa dibeli di toko kaca terdekat.
  • Silicon Lem Kaca sebagai bahan perekat untuk merekatkan sisi – sisi antara kaca satu dengan yang lainnya.



Alat – Alat Yang Harus di Persiapkan Untuk Membuat Aquarium Mini

  • Meja datar untuk tempat merangkai kaca aquarium.
  • Lakban sebagai perekat sementara untuk memudahkan kaca berdiri dan memudahkan proses pengeleman kaca.
  • Binder Clip untuk alat menjepit potongan kaca yang digunakan untuk variasi sisi luar ataupun dalam aquarium.
  • Tembakan Lem Silikon digunakan untuk tempat meletakkan wadah lem silikon dan terdapat alat pendorongnya untuk mempermudah pengeleman kaca.

Penentuan Berapa Kaca Yang Akan di Gunakan Untuk Membuat Aquarium Mini

  • Aquarium mini yang akan kita buat berukuran panjang 40, lebar 25 cm dan tinggi 30 cm. Ukuran aquarium bisa menyesuaikan keinginan kita.
  • Beli lembaran kaca dan minta di potongkan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, bagi yang sudah ahli dalam pemotongan kaca maka bisa di potong sendiri di rumah karena lurus dan bagusnya potongan kaca adalah kunci utama keberhasilan pembuatan aquarium mini.
  • Untuk aquarium mini dengan ukuran tersebut diatas maka yang perlu kita pesan adalah kaca sisi panjang kanan dan kiri ( letak kaca berdiri ) berukuran P 40 x T 30 sebanyak 2 lembar kaca, Sisi lebar kanan dan kiri ( letak kaca berdiri ) berukuran P 25 x T 30 sebanyak 2 Lembar dan Kaca bagian bawah ( letak kaca dibawah ) berukuran P 40 x L 25 sebanyak 1 lembar kaca.
  • Ringkasan kaca yang kita pesan, Sisi Panjang dengan ukuran 40x30cm sebanyak 2 lembar, sisi lebar dengan ukuran 25x30cm sebanyak 2 lembar dan, sisi bawah dengan ukuran 40×25 sebanyak 1 lembar. Jadi diperlukan 1 lembar kaca yang berukuran minimal 100 cm x 70 cm.

Apabila kaca ingin dipotong sendiri maka cukup beli kaca dengan ukuran tersebut kemudian tehnik memotong Aquarium Mini adalah sbb:

Teknik Memotong Kaca Yang Baik dan Benar Agar Menjadi Aquarium Mini Yang Bagus

  • Persiapkan alat pemotong kaca, gerindra, kaca mata, penggaris dan spidol kecil.
  • Letakkan lembaran kaca pada meja atau lantai yang sudah dilapisi dengan karpet kain agar permukaan rata.
  • Buat garis menggunakan spidol dan penggaris sesuai dengan ukuran seperti yang telah saya tulis diatas.
  • Kemudian potong menggunakan alat potong kaca, pemotongan harus benar benar lurus.
  • Setelah kaca terpotong semua haluskan pinggir kaca dengan menggunakan mesin gerindra, gunakan kaca mata agar percikan kaca tidakmengenai mata.

Cara Merangkai Aquarium Mini

  • Letakkan ukuran kaca sisi bawah dengan ukuran 40x25cm diatas meja yang datar.
  • Berikan lem silicon pada setiap sisi di setiap bidang pertemuan antara potongan kaca.
  • Kemudian pasang kaca satu persatu dengan tetap memperhatikan letak dimana pertemuan kaca tersebut harus diberi lem silicon. Bersihkan setiap sisi pertemuan kaca dengan menggunakan kain agar rapid an lem tidak belepotan.
  • Setelah semua kaca terpasanga maka gunakan lakban untuk menjaga sambungan kaca yang belum kering tersebut, berikan lakban melingkari setiap sisi kaca agar rangkaian aquarium mini menjadi kuat.
  • Setelah lem mengering maka oleskan lem sekali lagi menggunakan ke setiap sudut pertemuan kaca agar tidak terjadi kebocoran. Usahakan serapi mungkin.
  • Gunakan binder clip untuk memasang potongan variasi kaca. Biasanya variasi diletakkan di sisi atas atau bawah aquarium. Rekomendasi dari kami gunakan variasi dengan bahan plastik, karena apabila menggunakan bahan kaca maka lem untuk memasang variasi lambat laun akan berjamur dan membuat penampilan kaca menjadi tidak bagus.

Memberikan Hiasan Pada Aquarium Mini

Berikan hiasan gambar pada sisi belakang aquarium, dan berikan gambar batu-batuan pada sisi bawah aquarium, Usahakan gambar tetap sinkron. Jangan diberi batu hias berwarna warni kedalam aquarium karena akan tumbuh jamur dan kotoran tidak bisa disaring dengan sempurna.  Berikanlah pasir aquarium berwarna hitam agar kotoran tersamarkan ( apabila sudah diberi gambar pada bawah aquarium maja pasir tidak perlu di pakai). Berikan hiasan karang yang indah, lampu penerang yang diletakkan di luar air dan pasang aerator dengan filternya untuk menyaring kotoran dan menambah oksigen pada air aquarium.

Pemilihan Ikan Hias Aquarium Mini

Pilihlah ikan hias maksimal tiga jenis ikan hias, dengan jumlah dan ukuran yang seimbang. Jangan terlalu banyak ikan hias yang dimasukkan ke aquarium, cukup 7-9 ikan hias untuk aquarium mini dengan ukuran tersebut. Dalam meletakkan ikan hias yang harus diperhatikan adalah gunakan air dari sumur yang bersih atau menggunakan air isi ulang. Diamkan air selama satu minggu dengan menghidupkan aeratos setiap harinya baru ikan dimasukkan kedalam aquarium mini dengan cara diadaptasikan terlebih dahulu. Yaitu dengan meletakkan plastik tempat ikan dibawa kedalam air aquarium mini selama 10 menit. Kemudian lepaskan ikan secara perlahan.

4 thoughts on “Cara Membuat Aquarium Mini Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *