Cara Budidaya Sidat Di Kolam Terpal

Budidaya Sidat

[yasr_visitor_votes size=”small”] Beternak sidat tentu banyak dilakukan untuk menambah pendapatan sekaligus memperbaiki gizi makanan setiap hari. Sidat sangat menarik dan menguntungkan untuk dibudidayakan. Tentu saja, sidat menjadi menu makanan favorit hingga saat ini karena memiliki kandungan protein tinggi. Maka dari itu jenis ikan satu ini mudah diternakkan bahkan di kolam terpal sekalipun. Untuk budidaya sidat tentu harus melewati beberapa langkah agar hasil akhir atau panen berlimpah.

Sidat sangat berpotensi tinggi mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan benar. Kita tahu bahwa setiap jenis ikan memiliki karakter dan sifat berbeda. Begitu pula dengan sidat, dalam proses budidaya sidat di kolam terpal harus memperhatikan beberapa faktor mulai dari ketahanan hidup sidat, ukuran kolam terpal, lokasi dari kolam, dan asupan makanan.

Melihat dari beberapa faktor di atas, ternyata sidat menjadi satu jenis ikan yang banyak digemari dan dikonsumsi. Sedangkan dari cara budidaya sidat juga tidak terlalu sulit karena bisa dikembangkan dengan cara sederhana. Beberapa keunggulan dari kolam terpal juga bisa dimanfaatkan yakni :

  • Suhu air cenderung stabil
  • Hasil panenan tidak berbau tanah
  • Proses pemanenan lebih mudah
  • Biaya lebih sedikit
  • Mudah dibersihkan
  • Sangat cocok untuk daerah kering atau kurang air

Cara Budidaya Sidat di Kolam Terpal

Membuat Kolam Terpal

Sebelum memulai beternak sidat, buatlah kolam terpal dahulu menggunakan terpal di lantai. Cara membuatnya kolam terpal untuk budidaya sidat cukup mudah, berikut langkahnya:

  • Buat rangka berbentuk kotak atau kolam memakai kayu atau besi.
  • Bagian sisi gunakan bambu agar air tidak tembus.
  • Untuk bagian alasnya gunakan karpet atau sekam padi.
  • Pasang terpal lalu ikatkan pada setiap rangka.
  • Tambahkan pompa air untuk sirkulasi air.

Pendederan

Untuk tahap pendederan diperlukan beberapa tahap, pada tahap pertama lebih fokus ke adaptasi lingkungan baru, dimana setiap bibit membutuhkan waktu beradaptasi dahulu sebelum berkembang. Sedangkan tahap kedua saat ukuran sidat memasuki angka 10 gram per ekor. Dalam proses budidaya sidat kedua ini pisahkan sidat dengan berat 10 gram lalu masuk ke tahap pembesaran.

Pembesaran

Tahap pembesaran dalam budidaya sidat berfokus hingga berat sidat mencapai 200 gram per ekor. Pada tahap ini usahakan suhu kolam berada di 29 sampai 31 derajat celcius. Prediksi hasil dari pembiakan 1 ton bibit akan menghasilkan 5 ton sidat dengan berat tiap ekor lebih dari 200 gram.

Pemberian Pakan

Proses pemberian pakan sidat terdiri dari beberapa komposisi yakni protein sebesar 45%, lemak 20%, dan karbohidrat sebesar 18%. Memberikan pakan dalam budidaya sidat bisa jadi satu cara cepat mendapatkan ukuran sidat lebih besar.

Jika budidaya sidat yang Anda jalankan berhasil maka keuntungan besar siap menanti. Saat ini kebutuhan akan sidat sangat besar, jadi sangat kecil kemungkinan sidat tidak laku terjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *