Budidaya Lele di Lahan Bersih

Budidaya Lele di Lahan Bersih

Point 1 Budidaya
Menurut kesimpulan penulis budidaya merupakan upaya untuk memelihara, mengembangbiakkan, merawat, membesarkan baik ikan ataupun tumbuhan pada suatu lokasi tertentu secara terkonrol dan termanajemen dengan baik yang tujuannya mendapat keuntungan dari hasil budidaya tersebut. Jadi Budidaya lele merupakan upaya untuk memelihara lele dengan tujuan mendapat keuntungan dari budidaya lele tersebut.

Keuntungan dalam budidaya lele bisa berbentuk materi atau non materi, keuntungan materi tentunya hasil dari budidaya dapat dijual ataupun di konsumsi sendiri untuk memenuhi menu setiap keluarga sehat. Sedangkan keuntungan non materi adalah rasa bahagia yang tidak terhingga oleh pelaku budidaya ketika melihat sesuatu yang di budidayakan bisa berkembang dengan baik.

Point 2 Ikan Lele
Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi, dengan harga yang relatif murah maka ikan lele menjadi favorit setiap orang sebagai menu sehat untuk keluarganya. Sehingga budidaya lele menjadi salah satu budidaya yang harus diperhitungkan.

Ikan lele di indonesia setahu penulis ada dua jenis, yaitu ikan lele lokal dan ikan lele dumbo. Ikan lele lokal jarang sekali untuk dibudidayakan karena patil lele lokal sangat tajam dan apabila terkena tangan maka akan sangat perih sekali. Ikan lele dumbo yang memiliki banyak strain adalah pilihan utama para pembudidaya lele untuk menjadi obyek budidaya, karena memiliki tingkat perkembangan tumbuh yang cepat serta patil lele dumbo tidak terlalu perih apabila terkena tangan.

Strain lele dumbo yang sering dibudidayakan antara lain lele sangkuriang, lele sangkuriang II, lele masamo, lele pyton, strain paling baru adalah lele mutiara. Strain tersebut pada dasarnya sama, iya sama – sama hasil persilangan dari lele dumbo sebelumnya. Strain tadi hanya sebuah nama yang diberikan oleh manusia untuk satu jenis lele dari persilangan indukan baru. Yang perlu kita ketahui sebagai pembudidaya adalah apapun strain lele yang kita pelihara adalah sama saja, yang terpenting bagaimana cara kita membudidayakannya dengan baik sehingga tercapai tujuan utama kita yaitu memperoleh keuntungan materi dan non materi.

Point 3 Lahan Bersih
Lahan bersih yang saya maksud disini adalah lokasi dan media budidaya yang bersih, seperti pada gambar diatas adalah lokasi budidaya yang mungkin kita semua idam idamkan. Terlepas itu dari kolam beton, terpal, rangka kayu, rangka besi atau yang lainnya apabila keadaan lingkungan luar kolam bersih maka kita sebagai pembudidaya akan merasa nyaman dalam budidaya. Bukan hanya lingkungan luar kolam saja yang harus bersih, tentunya air untuk budidaya juga diusahakan selalu bersih yang artinya menjaga kualitas air dalam budidaya agar lele selalu merasa nyaman dan betah didalam kolam.
Tidak hanya lingkungan luar dan dalam kolam saja yang harus bersih akan tetapi juga makanan yang diberikan kepada lele sebagai obyek budidaya tentunya juga harus bersih dan sehat. Tidak mengandung bakteri patogen yang bisa merusak air, merusak kualitas daging lele, membawa virus melalui daging lele yang akan dimakan oleh konsumen. Semua harus kita jaga kebersihannya dengan baik untuk memperoleh hasil yang baik pula.

Baca Juga Artikel : Pakan Alternatif Untuk Lele

Setelah kita tahu ketiga point diatas tentunya kita bisa menarik kesimpulan apa itu yang dimaksud budidaya lele dilahan bersih, Disini penulis ingin mengajak kita semua para budidaya lele untuk budidaya lele dengan serba bersih. Konsumen sehat, pembudidaya tenang, Citra ikan lele akan semakin maju kedepan. Go Hidup Sehat, Go Budidaya Lele Sehat.

Demikian yang bisa saya tulis semoga artikel saya tentang budidaya lele bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca dan kita semua untuk melakukan budidaya lele dengan baik. Terimakasih…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *