Cara Membuat Aquascape Bagi Pemula

Cara Membuat Aquascape Bagi Pemula

[yasr_visitor_votes size=”small”] Cara Membuat Aquascape – Bagi para pecinta akuarium pasti sudah mengenal dengan aquascape dimana bentuknya sangat menarik karena ada tanaman di dalam akuarium. Keberadaan aquascape kini semakin meluas dan banyak digunakan sebagai hiasan rumah. Bentuk dan keindahan dari hiasan dalam akuarium jadi satu keunggulan dimana harganya tergolong tinggi.

Untuk membuat aquascape membutuhkan ketelitian dan kerativitas sehinnga dekorasi di dalam akuarium menjadi lebih menarik dan cantik. Cara membuat aquascape dilakukan dengan beberapa langkah yang cukup rumit. Wajar jika untuk membuat memakan waktu cukup lama dalam memberikan aksesorisnya. Jika dilihat dari sejarahnya, aquascape berasal dari Jepang dan berkembang sejak tahun 90-an.

Sekarang membuat aquascape dapat menghasilkan keuntungan hingga bernilai jutaan rupiah. Cara membuat aquascape bisa dilakukan dengan mudah jika mengerti bagaimana langkah-langkahnya. Untuk membuat hiasan di dalam akuarium membutuhkan beberapa peralatan diantaranya :

  • Aquarium
  • Pasir
  • Beberapa tanaman
  • Pupuk

Membuat Aquascape Bagi Pemula

Membuat aquascape bagi pemula dimulai dari beberapa langkah berikut:

Persiapan Bagian Dasar Akuarium

Dalam melakukan cara membuat aquascape diawali dengan mempersiapkan bagian dasar akuarium. Gunakan pasir silica dengan ukuran tebal 4-5 mm, kemudian pada bagian tengah gunakan carbon active yang berguna untuk menyerap racun atau zat berbahaya pada air. Meski sudah menggunakan filter air, tetap saja kandungan racun masih bisa tercampur.

Sifat dari carbon active dapat mengembalikan kemurnian air dalam waktu 1 sampai 3 bulan. Jika sudah ada tanaman dalam akuarium maka peran dari carbon active menjadi lebih ringan. Proses cara membuat aquascape wajib menggunakan carbon active untuk menjaga kesehatan ikan dan tanaman dalam akuarium.

Siapkan Pupuk Dasar

Langkah kedua dalam cara membuat aquascape yaitu mempersiapkan pupuk dasar untuk menutrisi tanaman di dalam akuarium. Hati-hati dalam pemberian pupuk, jenis tanaman berakar saja yang bisa diberikan pupuk. Jenis tanaman Anubias dan Microsorum bisa digunakan sebagai hiasan akuarium.

Susun Top Layer dan Harscape

Menimbun kembali lapisan pasir menggunakan pasir silika merupakan langkah penting dalam cara membuat aquascape. Tutup lapisan pasir secara merata lalu buat dekorasi dalam posisi hardscape. Untuk membuat dekorasi hardscape bisa memakai kayu atau batu dengan bobot ringan. Usahakan buat pasir di bagian belakang memiliki ketinggian lebih dari bagian depan.

Mengisi Air

Jika sudah selesai membuat susunan pasir dan memberikan dekorasi, maka langkah selanjutnya dalam cara membuat aquascape adalah mengisi air. Jangan memasukkan air langsung dengan cara menuangkan dalam jumlah besar karena akan merusak lapisan pasir. Cara tepatnya pakailah kertas dan bentangkan ke bagian dalam akuarium lalu masukkan air secara bertahap.

Menanam Tanaman Hias

Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk menanam tanaman di akuarium yaitu:

  • Isi akuarium dengan air hingga ¼ ukuran ak
  • Tanam secara perlahan agar lapisan pasir tidak rusak.
  • Gunakan peralatan Co2, outlet filter, dan diffuser.
  • Jika sudah tertanam maka isi kembali hingga penuh.
  • Buang air sampai 70% untuk menghilangkan amonia.
  • Isi kembali dengan air baru hingga penuh.

Langkah terakhir dalam cara membuat aquascape adalah mengisi ikan dan hewan lain seperti bintang laut. Memberikan ikan harus sesuai dengan ukuran akuarium, biasanya ukuran ikan berukuran kecil untuk menonjolkan keindahan taman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *