7 Cara Merawat Ikan Hias Untuk Bisnis

7 Cara Merawat Ikan Hias Untuk Bisnis

[yasr_visitor_votes size=”small”] Cara Merawat Ikan Hias  – Berbagai jenis ikan hias kini mudah dimanfaatkan untuk memperindah ruangan dalam rumah. Bagi beberapa orang merawat ikan hias gampang-gampang susah karena untuk jenis ikan hias memiliki perbedaan dalam merawatnya. Cara merawat ikan hias tentu saja sangat menyenangkan jika jenis ikan yang dipelihara berbentuk menarik dan cantik.

Terjun ke bisnis jual beli ikan hias memiliki keuntungan tersendiri hingga ratusan juta. Keindahan dan kecantikan dari bentuk ikan serta keindahan akuarium menjadi titik fokus para pecinta ikan hias. Untuk melakukan cara merawat ikan hias memerlukan beberapa pemahan seputar pemeliharaan ikan, tetapi tidak hanya itu saja, beberapa hal penting dalam memelihara ikan hias diantaranya:

  • Jenis ikan
  • Ukuran ikan hias
  • Ukuran akuarium
  • Jenis pakan

Memperhatikan beberapa faktor tersebut akan membuat proses atau cara merawat ikan hias jadi lebih mudah. Agar usaha dalam berbisnis ikan hias berjalan lancar, berikut beberapa cara merawat ikan hias agar tetap sehat dan indah.

Merawat Ikan Hias Untuk Bisnis

Perhatikan Ukuran Akuarium

Ukuran dari akuarium sangat penting dalam cara merawat ikan hias karena untuk menggabungkan dengan ikan hias. Ikan berukuran kecil sebaiknya jangan digabungkan bersama ikan berukuran besar. Besar kecilnya akuarium juga mempengaruhi proses pertumbuhan ikan. Sebisa mungkin pilih ukuran akuarium cukup besar agar ikan bisa berenang bebas.

Waspadai Ikan Sakit

Tidak semua ikan bisa bertahan dalam akuarium. Beberapa factor bisa membuat ikan menjadi kurang sehat diantaranya:

  • Kadar racun dalam air
  • Jenis pakan
  • Besar kecilnya akuarium

Dari tiga faktor tersebut wajib diperhatikan dalam melakukan cara merawat ikan hias. Pemberian pakan dan penggantian air secara rutin dapat membantu ikan tetap sehat.


Pilih BIbit Berkualitas Tinggi

Karena ikan hias yang akan Anda rawat dipakai dalam bisnis maka wajib memilih bibit berkualitas tinggi. Ambillah bibit dari para peternak ikan hias berskala internasional. Meskipun harga cukup tinggi tetapi kualitasnya tergolong tinggi. Rata-rata pebisnis ikan hias mengambil bibit secara impor karena sudah mengalami proses pembiakan secara benar.

Konsisten Dalam Pemberian Pakan

Memberikan makanan harus dilakukan secara teratur. Dalam cara merawat ikan hias memberikan makan dalam jumlah kecil dengan intensitas sering lebih baik daripada memberi makan dalam jumlah besar. Tambahkan zat klorin untuk menstabilkan kaporit dalam akuarium.

Perhatikan Keadaan Air

Satu bagian penting dalam cara merawat ikan hias adalah kondisi air. Jika air sudah keruh dan filter berubah kotor maka saatnya dibersihkan. Keberihan air menjadi satu hal penting dalam proses pertumbuhan ikan. Untuk menjaga kesehatan ikan tetap stabil tambahkan setetes metlin blue dalam ukuran 25 liter air. Metlin blue berguna untuk menjaga ikan terhindar dari parasit jahat yang bisa membuat kondisi ikan tidak sehat.

Kondisi air, ikan, dan pakan dalam cara merawat ikan hias memang wajib diperhatikan agar kondisi ikan tetap sehat dan layak untuk diperjual belikan.

One thought on “7 Cara Merawat Ikan Hias Untuk Bisnis

  • March 21, 2016 at 9:16 pm
    Permalink

    Artikel yang bermanfaat min, saya tertarik untuk budidaya ikan koi.
    Thanks infonya..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *