Jenis Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula

Jenis Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula

Tanaman Aquascape – Seni membuat aquascape kini sudah banyak dilakukan para pecinta ikan hias. Keberadaan aquascape dapat memperindah bentuk atau tampilan ikan hias. Beberapa tempat seperti Jepang sudah lama mengadopsi teknologi aquascape dari tahu 90an, dan sekarang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Menghias aquarium dengan menggunakan teknik aquascape membutuhkan keterampilan dan kreativitas dalam memberikan jenis tanaman aquascape.

Menggunakan tanaman air tawar dalam aquascape tentu akan mempercantik tampilan aquarium. Beberapa cara atau fungsi dari tanaman aquarium air tawar di dalam aquarium bisa diaplkasikan dalam berbagai cara :

  • Sebagai lapisan dasar atau karpet alami
  • Tempat menyembunyikan peralatan aquarium
  • Memberikan unsur lingkungan dalam aquarium
  • Sebagai tempat persembunyian ikan

Untuk jenis tanaman aquascape pilihlah jenis yang kuat dan minim perawatan. Dalam aquascape, tanaman tidak memerlukan banyak sinar matahari karena jika terpapar sinar matahari dalam waktu lama akan menimbulkan alga.

Beberapa jenis tanaman aquascape cenderung tumbuh menyebar mirip karpet di bagian dasar aquarium. Jika Anda tertarik untuk mencoba membua aquascape ada beberapa jenis hiasan tumbuhan yang bisa dipakai.

Jenis Tanaman Aquascape

Hygrophaila Difformis

Tanaman Aquascape Hygrophaila Difformis

Jenis tanaman aquascape ini dapat tumbuh dengan cepat dan perawatannya tidak terlalu sulit. Beberaa kriteria dari tempat tumbuh Hygrophaila Difformis ini harus diperhatikan bagi para pemula diantaranya memiliki suhu 23 – 28 derahat Celcius, tingkat pencahayaan menengah, fungsi dari jenis tanaman ini sebagai lapisan bawah atau lantai.

Lilaeopsis

Tanaman Aquascape Lilaeopsis

Bentuk dari tanaman aquascape ini memiliki tinggi 5 cm dengan tekstur seperti rumput berwarna hijau. Jika Anda menggunakan jenis tanaman ini sebaiknya lakukan perawatan seperti memotongnya secara rutin. Beberapa kriteria persyaratan tumbuh dari Lilaeopsis adalah memiliki suhu 23 sampai 29 derajat celcius, level cahaya menengah, dan fungsinya sebagai tempat persembunyian ikan kecil.

Java Moss

Tanaman Aquascape Java Moss

Satu jenis tanaman aquascape ini sudah sangat popular dan banyak digunakan karena minim pemeliharaan dan sangat cocok tumbuh di bagian kayu dan batu. Syarat tumbuh dari tanaman ini harus berada di air bersuhu 21 sampai 32 derajat celcius, tingkat pencahayaan menengah, dan berfungsi sebagai penutup bagian lantai aquarium serta menjadi tempat persembunyian bayi ikan.

Amazon Sword

Tanaman Aquascape Amazon Swordz

Ciri dari tanaman aquascape ini adalah bentuk daunnya mirip sebuah pedang. Amazon Sword ini bisa tumbuh sampai 50 cm dan sering digunakan sebagai background atau bagian belakang aquarium. Syarat tumbuh tanaman ini sangat mudah yakni suhu air harus diantara 22 sampai 28 derajat celcius, tingkat pencahayaan menengah, dan  berfungsi sebagai latar belakang aquarium.

Green Tiger Lotus

Tanaman Aquascape Green Tiger Lotus

Satu jenis tanaman dengan ciri daun lebar sangat diminati para pecinta aquascape karena sangat minim perawatan. Syarat berkembang dari tanaman ini harus berada dalam suhu air 22 sampai 28 derajat celcius. Tingkat pencahayaan untuk tanaman ini berlevel moderat, dan fungsinya sebagai tempat persembunyian ikan kecil.

Beberapa jenis tanaman aquascape di atas bisa Anda aplikasikan dalam aquarium agar tampilan dan bentuk lebih memikat mata. Kecantikan sebuah aquascape terlihat dari susunan tanaman dan semua benda termasuk jenis ikan di dalamnya.

One thought on “Jenis Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula

  • January 4, 2017 at 12:27 am
    Permalink

    Enak klo tanaman untuk aquascape nya seger2 dan hijau2 ataupun cerah2.. jadi bisa menambah semangat klo ngelihatnya.. informasi yg sangat bermanfaat..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *