Tips Tepat Merawat Alat Pancing Laut

Tips Tepat Merawat Alat Pancing Laut

[yasr_visitor_votes size=”small”] Alat Pancing Laut – Apakah Anda memiliki hobi memancing? Sangat penting bagi pemancing untuk merawat alat pancing laut agar tetap awet. Kita tahu bahwa harga dari alat pancing tidak murah dan bahkan bisa sampai jutaan. Kualitas dan peforma dari alat pancing harus tetap prima agar bisa digunakan setiap saat tanpa ada kendala. Seringkali penggemar memancing melakukan hal yang salah dalam merawatnya.

Beberapa hal sederhana seringkali dilakukan para mancing mania dan bisa berakibat buruk pada kualitas alat pancing laut adalah:

  • Meletakkan alat pancing sembarangan
  • Tidak membungkus atau memakai sarung pada saat dibawa
  • Melupakan kebersihan alat pancing.

Jika hal sederhana tersebut bisa dilakukan dengan rutin, maka kualitas alat pancing bisa tetap maksimal.

Mengenali cara kerja dan fungsi dari masing-masing bagian alat pancing tentu saja berdampak baik saat Anda memancing. Jenis pancing berkualitas tinggi bisa didapatkan di took olahraga atau khusus peralatan pancing. Alat pancing laut modern dan canggih kini sudah mulai dipasarkan, jadi Anda bisa mendapatkan ikan jauh lebih mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut cara merawat peralatan memancing yang benar.

Merawat Perlatan Memancing

Mencuci Peralatan

Setelah digunakan untuk memancing, peralatan harus segera dicuci menggunakan air biasa. Hindari cara mencuci dengan direndam karena bisa merusak peralatan seperti reel dan bagian Ball Bearingnya. Jika dilakukan secara direndam dalam waktu lama maka bagian reel akan mengalami gangguan. Menghilangkan kotoran dalam alat pancing laut dengan cara dicuci tanpa sabun dapat mengawetkan kinerja reel dan Ball Bearing.

Proses Menjemur

Jika sudah selesai dicuci, tahap selanjutnya adalah mengeringkan dengan digantung. Sebaiknya keringkan alat pancing laut ditempat terhindar dari sinar matahari secara langsung karena akan berdampak buruk pada bagian reel. Jika dalam proses pengeringan timbul noda bercak-bercak maka proses pencucian masih kurang maksimal.

Pemberian Cairan WD 40

Cairan kimia WD 40 digunakan untuk membersihkan reel setelah dikeringkan. Semprotkan cairan tersebut hingga merata dan bersihkan memakai kain halus sampai bersih. Rata-rata untuk membersihkan alat pancing laut setelah kering memang memakai ED 40 yang terbukti bisa membersihkan reel dengan sempurna.

Memberikan Pelumas

Pelumas sangat penting dalam menjaga peforma alat pancing laut agar tetap nyaman dan lancar. Tidak ada ketentuan kapan harus diberi pelumas, tetapi Anda bisa memberikan pelumas secara rutin jika beberapa fungsi tidak berjalan lancar.

Memberikan perawatan maksimal pada alat pancing laut tentu saja akan memberikan manfaat besar dalam proses memancing. Sebelum memancing pastikan semua fungsi dari peralatan memancing berjalan dengan baik dan lancar. Hasil tangkapan bisa lebih banyak jika Anda memperhatikan kualitas atau kelancaran peralatan memancing. Jangan menunda memberikan pelumas dan membersihkan setelah peralatan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *