Menjaga Kolam Hias Tetap Bersih

Menjaga Kolam Hias Tetap Bersih

Banyak pecinta ikan hias memberikan tempat atau lokasi tinggal dari ikan di sebuah kolam hias dengan pernak-pernik yang sangat menarik. Melihat sebuah kolam ikan dengan bentuk menarik dan apik dengan segala aksesoris di dalamnya. Tetapi banyak pecinta ikan hias masih belum tahu bagaimana menjaga kondisi kolam ikan hias agar tetap bersih dan menarik.

Mungkin selama ini Anda melakukan perawatan kolam ikan hias dengan sederhana yakni membersihkan dan mengganti air saja. Ternyata ada berbagai cara lain untuk menjaga kolam hias lebih bersih dan menarik dilihat. Lalu bagaimana cara merawat kolam hias agar tidak mudah kotor?

Cara Merawat Kolam Hias Agar Tidak Mudah Keruh

Ada beberapa cara mudah untuk menjaga kebersihan kolam diantaranya :

Memasang Filter Sesuai Ukuran Kolam

Memasang filter atau saringan akan menyaring semua kotoran sehingga kondisi air kolam tidak cepat keruh. Anda cukup membeli saringan atau filter dengan harga murah dan untuk membersihkan filter juga sangat mudah. Ganti filter selama satu minggu sekali, tidak hanya filter, Anda juga wajib menyalakan aerator yang terhubung dengan perangkat filter.

Bersihkan Kolam Secara Berkala

Untuk menghilangkan kotoran menempel pada kolam, bersihkanlah secara teratur. Tetapi jika Anda masih merasa kondisi kolam dalam keadaan bersih jangan bersihkan terlalu sering karena bisa berakibat buruk pada kondisi ikan.

Ganti Air Seara Teratur

Mengganti air haru dilakukan secara pertahan mulai dari membuang 1/3 air lalu menambahkan air bersih. Sebisa mungkin ganti air secara berkala 1 mminggu sekali agar kondisi kolam tidak mudah keruh.

Ambil Kotoran Yang Jatuh di Kolam

Jika Anda merawat ikan hias di luar ruangan maka akan sangat rentan kotor karena lingkungan sekitar seperti daun. Jika mendapati kotoran di atas kolam hias segeralah ambil dan pinggirkan dari kolam.

Tambahkan Ikan Sapu-Sapu

Ternyata ikan sapu-sapu yang selama ini dianggap remeh mampu menghilangkan kotoran seperti lumut. Jika kotoran dalam kolam tidak dibersihkan dengan segera maka akan terjadi lumut secara cepat.

Selain meliaht jenis ikan, Anda harus memperhatikan desain dari kolam hias agar lebih menarik dan nyaman dilihat. Pemberian pakan juga harus dilihat bahwa jangan terlalu sering memberikan pakan karena bisa membuat kondisi kolam lebih cepat kotor.

Tidak sulit untuk menjalankan kolam hias dengan benar dan mudah. Memang terlihat mudah, tetapi Anda harus perhatikan intensitas pembersihan dan pemberian pakan karena menjadi faktor penyebab kenapa kondisi kolam cepat kotor. Membuat kolam hias sangat berguna untuk menjaga habitat ikan secara benar. Merawat kolam hias akan sangat bermanfaat agar kondisi ikan tetap terjaga dengan sehat.

Anda bisa melakukan berbagai cara diatas dengan benar, memang membutuhkan kejelian dalam mengamati kondisi kolam, tetapi Anda akan mendapatkan kondisi ikan dan kolam lebih bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *