Tips Memancing Ikan Mujair Untuk Pemula

Tips Memancing Ikan Mujair Untuk Pemula

Tips Memancing- Kebanyakan orang memang menekuni hobi memancing dengan emmiliki beberapa pertimbangan keuntungan seperti untuk menghabiskan waktu santai, melatih kesabaran, ataupun menghilangkan stres. Namun, banyak juga yang memilih memancing untuk mendapat ikan untuk dikonsumsi. Jenis ikan yang paling banyak dicari pemancing untuk jadi menu makanan mereka adalah ikan mujair. Jenis ikan air tawar ini bisa Anda temukan dirawa, danau, sungai, bahkan di tambak sekitar pantai.

Ikan mujair ini terkenal dengan rasa daging nya yang gurih dan enak, sehingga ikan air tawar ini menjadi incaran para pemancing. Jika Anda masih seorang pemula, tips memancing ikan mujair dibawah ini bisa jadi bantuan Anda untuk cepat mendapatkan ikan layak konsumsi ini.

Tips Memancing Ikan Mujair Di Rawa dan Waduk

Kelengkapan Persipan Alat Pancing

Tips memancing ikan mujair ataupun jenis ikan apapun harus siap dengan kelengkapan alat pancing yang cocok. Untuk jenis ikan mujair, Anda bisa menggunakan joran tegek (alatpancing) yang memiliki panjang sekitar 360 cm hingga 450 cm. Sedangkan untuk senar pancing gunakan diameter 0,55mm, lalu kemampuan angkatan harus diatas 2kg. Lalu, persiapkan juga mata kail berukuran tertentu dan memiliki ketajaman yang baik.

Persiapan Umpan

Untuk tips memancing yang kedua untuk pemula adalah dengan mempersiapkan umpan. Umpan yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan mujair ada beberapa pilihan seperti lumut, udang kecil, ulat, dan cacing, Namun, yang paling efektif untuk memancing ikan mujair adalah dengan menggunakan lumut.

Lumut yang digunakan harus dimasukan kedalam ember kecil berisi air kemudian masukan vanili dan aduk rata. Usahakan untuk mengaduk pelan agar lumut tidak rusak serta hindarkan dari terpaan matahari langsung yang mengakibatkan rusaknya campuran lumut dan vanili. Tips memancing dengan campuran lumut dan vanili ini sangat efektif karena umpan ini memiliki bau yang snagat disukai oleh ikan mujair.

Persiapan Memancing

Tips memancing yang ketiga adalah persiapan memancing yang harus dilakukan oleh Anda adalah dengan menyebarkan umpan tabur. Anda bisa menggunakan dedak ataupun beras sebagai umpan taburan. Jika ingin memakai umpan tabur beras, cobalah untuk memakai beras ketan yang terbukti efektif dapat mengumpulkan ikan.

Jika dalam keadaan panas, Anda bisa juga memakai umpan tabur ponska (sejenis pupuk), namun ingat, tips memancing dengan umpan taburan ponska hanya efektif saat pada saat cuaca panas saja. Tunggu beberapa saat dan gelembung-gelembung akan bermunculan sebagai penanda bahwa ikan mujair telah berkumpul dan siap Anda pancing.

Itulah 3 tips memancing ikan mujair yang paling tepat untuk seorang pemula. Anda bisa dengan cepat mendapatkan ikan dengan mengikuti beberapa tips diatas. Kesabaran dan ketelatenan serta kemauan mengumpulkan informasi teknik memancing merupakan faktor penting dalam menangkap ikan jenis apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *