Fakta Menarik Tentang Ikan Pembersih Kaca Aquarium

Fakta Menarik Tentang Ikan Pembersih Kaca Aquarium

Di Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar dunia memiliki ratusan spesies ikan yang hidup di air laut maupun tawar, entah sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias. Perbedaan yang mencolok dari ikan jenis konsumsi dan ikan hias terlihat dari bentuk fisik dan warna. Salah satunya adalah ikan pembersih kaca aquarium.

Jika Anda seorang penggemar ikan hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan pembersih kaca aquarium yang biasa dikenal dengan nama ikan sapu-sapu. Banyak orang yang memelihara ikan sapu-sapu karena memiliki keunikan yaitu membersihkan akuarium. Selain itu, beberapa fakta menarik dari ikan pembersih kaca akuarium ini juga menarik untuk Anda simak.



Fakta Ikan Pembersih Kaca Aquarium

Merupakan Ikan Pemalas

Ikan pembersih kaca aquarium ini adalah jenis ikan yang malas. Jika dibandingkan dengan ikan hias yang lain suka berenang kesana kemari, ikan ini lebih memilih untuk menempel di dinding kaca aquarium. Karena itu banyak yang meyebut ikan ini adalah ikan pemalas.

Salah Satu Ikan Tahan Banting

Ikan sapu-sapu atau ikan pembersih kaca aquarium ini adalah ikan yang sanggup bertahan hidup didalam kondisi air apapun. Ikan ini bahkan bisa hidup didalam air yang sudah tercemar limbah. Dalam kondisi ketahanannya yang bisa hidup didalam kondisi air kotor, ikan ini bahkan lebih baik daripada jenis ikan mujair.

Ikan Yang Cinta Kedamaian

Banyak jenis ikan hias yang memiliki sifat agresif dan teriorial, namun tidak untuk jenis ikan pembersih kaca ini. Ikan sapu-sapu lebih tenang dan menghindari konflik dengan ikan penghuni aquarium yang lain. Namun ada juga ikan sapu-sapu yang dapat melukai ikan yang lain yaitu ikan sapu-sapu yang berjenis common pleco.

Penyuka Mentimun

Fakta unik yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang tentang ikan pembersih kaca aquarium ini adalah penyuka mentimum. Salah satu ikan pemakan segalanya ini memang tidak khusus hanya memakan mentimum saja. Untuk jenis makanan hidup bagi ikan sapu-sapu ini adalah kutu air, algae, dan juga infusoria, sedangkan jenis makanan tak hidupnya bisa dengan ikan mati, wafer, sisa pakan, dan mentimun.

Kumis Sebagai Penanda Kelaminnya

Untuk membedakan jenis kelamin dari ikan pembersih kaca aquarium ini bisa dilihat dari panjang pendeknya kumis dari ikan ini. Untuk ikan sapu-sapu jantan kumis yang dimilikinya lebih panjang daripada ikan sapu-sapu betina.

Itulah beberapa fakta menarik tentang ikan pembersih kaca aquarium yang tidak diketahui oleh banyak orang. Jika Anda menginkan kebersihan aquarium, sangat disarankan sekali untuk memelihara jenis ikan ini. Bisa dengan menaruh 2 ikan sapu-sapu didalam akuarium Anda akan membuat ekosistem akuarium Anda akan semakin indah dan beragam dengan keunikan menarik dari berbagai jenis ikan didalamnya. Apalagi apabila anda memiliki aquarium dinding yang tentunya sedikit kesulitan dalam tahap pembersihan kaca, maka ikan ini sangat bisa membantu sekali.

2 thoughts on “Fakta Menarik Tentang Ikan Pembersih Kaca Aquarium

  • November 10, 2016 at 2:34 pm
    Permalink

    Tapi kenapa ya setelah memelihahara ikan pembersih kaca dalam waktu 6 bulan, dia bertambah besar tapi tidak “pemalas” malahan membunuh dan memakan ikan baru yang dicampur dalam akuarium tersebut???

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *