Tips Membuat DIY CO2 Aquascape

Tips Membuat DIY CO2 Aquascape

DiY CO2 Aquascape – Kita semua tahu bahwa CO2 merupakan gas karbondioksida yang tidak baik bagi kesehatan. CO2 kini menjadi satu elemen penting yang tidak bisa terpisahkan bagi manusia. Khusus untuk para pecinta aquascape, CO2 sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman. Satu jenis gas bernama DIY CO2 aquascape ternyata tidak sulit didapatkan dan harganya pun terbilang murah.

Para pecinta aquascape tentu sudah tidak asing lagi dengan DIY CO2 aquascape yang sangat penting bagi tanaman. Banyak pemain atau pemilik aquascape melakukan percobaan dalam mendapatkan CO2 sendiri. Memang, jika melakukan percobaan mendapatkan DIY CO2 aquascape akan jauh lebih murah dan praktis. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Membuat DIY CO2 Aquascape

Sebelum masuk ke tahap pelaksanaan, ada beberapa peralatan yang wajib dipersiapkan dalam membuat DIY CO2 diantaranya :

Peralatan dan Bahan

Botol soda berukuran 1,5 liter sebanyak 2 biji, selang secukupnya, kran bensin yang mudah didapatkan di bengkel motor dan biasanya dibanderol seharga 10 ribu rupiah. Tidak hanya itu Anda harus mempersiapkan selang secukupnya dal lem. Perhatikan jenis lem karena harus memiliki kualitas rekat yang tinggi. Selain itu Anda juga diminta mempersiapkan solder untuk membuat lubang di tutup botol.

Bahan selanjutnya adalah cutter atau gunting untuk merapikan lubang serta memotong selang, lalu Nitrid Acid atau sitrun sebanyak 200gram yang bisa didapatkan di toko plastik. Tidak lupa baking soda sebanyak 200gram dan air sebanyak 600ml.

Cara Membuat

Pertama-tama dalam membuat DIY CO2 aquascape Anda harus melubangi dua botol di bagian tutupnya kemudian hubungkan kedua botol memakai selay dan pada salah satu botol dibuat satu selang lagi mengarah keluar. Pada selang kedua diberikan keran untuk mengatur keluar masuknya gas. Selang yang menguhubungkan dua botol harus memiliki cabang berbentuk Y.

Jika sudah selesai di tahap pertama, masukkan 200 gram sitrun ke dalam satu botol yang memiliki satu selang saja. Tidak lupa memasukkan baking soda sebanyak 200gram ke botol kedua yang mempunyai 2 selang. Setelah selesai memasukkan sitrun dan baking soda lalu campurkan sitrun dengan air sebanyak 400ml kemudian tambahkan 200gr baking soda dengan 200ml air.

Setelah semua tercampur kocok sampai semua bahan tercampur. Tutup kedua botol dan tekan botol yang memiliki sitrun sampai keras. Goyang-goyang pada botol yang memiliki baking soda kemudian buka kran hingga sitrun masuk ke baking soda lalu tutup. Goyangkan botol baking soda lalu ulangi hingga semburannya kecang dan selesai.

Terlihat sangat mudah dalam mendapatkan DIY CO2 aquascape. Dengan melakukan cara di atas Anda tidak perlu merogoh kocek untuk membelinya. Memang bagi para pecinta aquascape sangat penting menjaga ketersedian DIY CO2 aquascape untuk proses fotosintesis tanaman. Jika ketersediaan DIY CO2 aquascape tercukupi maka kondisi tanaman akan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *