Cara Memilih Tali Pancing Laut Yang Kuat Dan Murah

Cara Memilih Tali Pancing Laut Yang Kuat Dan Murah

Tali Pancing Laut – Salah satu hobi yang paling banyak diminati oleh pria adalah kegiatan memancing, entah apa alasannya namun salah satu kegiatan yang terlihat membosankan untuk wanita ini menjadi salah satu favorit bagi pria. Banyak hal yang perlu disiapkan dalam kegiatan memancing ini, salah satunya adalah dengan mencari bahan untuk senar yang kuat dalam mengangkat ikan.

Berikut ini ada beberapa tips cara memilih tali pancing laut yang kuat juga dapat dibeli dengan harga bersahabat:

Tips Memilih Tali Pancing Laut

Kekuatan senar pancing

Memilih tali pancing laut yang kuat adalah hal yang sangat penting, dikatakan kuat disini maksudnya adalah senar atau tali pancing tersbeut mampu untuk mengangkat beban berat jika dibandingkan dengan senar atau tali pancing seukurannya.

 

Kelenturan senar

Selain mempertimbangkan kekuatan dari tali pancing laut, daya lentur yang dimiliki oleh senar juga wajib untuk diperhatikan. Senar yang kuat saja tidak akan mampu untuk mengangkat ikan yang berhasil ditangkap, karena saat dilakukan penangkapan ikan akan terus meronta-ronta dan menghentak-hentakan badannya. Oleh karenanya, sebelum ikan lemas, senar atau tali pancing harus bisa molor atau lentur untuk dapat menahan ikan yang ditangkap. Khususnya jika ikan tersebut sejenis lele, bawal, atau ikan pipih yang cenderung menggelepar.

 

Kelemasan senar

Kelemasan dan kelenturan itu adlah 2 hal yang berbeda dalam tali pancing laut, yang dimaksud kelemasan disini adalah kenyamanan ketika senar digunakan. Senar pancing yang baik adalah senar yang lemas atau tidak kaku layaknya kawat, senar ini menjadi satu syarat penting bagi pemancing yang tidak menggunakan umpan dan juga bagi pemancing yang menggunakan umpan. Senar pancing yang kaku akan mengakibatkan pelampung dank ail mudah untuk bergoyang ketika senar terkena arus air, angina, ataupun karena tergerakan pada bagian ujung pancing.

 

Daya pantul dan daya bias dari senar

Pada tali pancing laut yang digunakan untuk memancing ikan, sebaiknya memiliki daya pantul yang cukup rendah terhadap cahaya. Selain itu, senar tersebut juga sebaiknya tidak terlihat dalam air. Biasanya senar yang terlihat secara samar-samar ini menggunakan fluoro carbon, yang pada zaman dahulu harganya cukup mahal dibandingkan dengan senar lainnya.

 

Harga Senar

Hal yang paling penting dalam memilih tali pancing laut adalah harga, orang bilang harga menentukan kualitas. Hal ini memang benar adanya, namun terkadang ada juga yang harga dari senar ini mahal namun kualitasnya sudah tidak sesuai dengan harganya. Ketika ingin membeli tali pancing laut yang kuat, sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Namun lebih baik lagi jika harga pancing yang dibeli memiliki harga yang murah dengan kualitas yang baik, namun memang agak cukup sulit untuk memiliki senar pancing dengan kualitas baik dan harga yang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *