Cara Memelihara Red Arwana di Aquarium

Cara Memelihara Red Arwana di Aquarium

Kecerobohan ataupun kelalaian dalam kontrol sistem perawatan ikan Red Arwana  merupakan sumber kematian ikan Red Arwana yang kita pelihara tersebut. Setelah lalai tidak mengontrol perawatan seperti kontrol aerator aquarium, Red Arwana akan bisa mati karena kekurangan oksigen. Selain itu ceroboh konsekuensinya tentu lebih fatal yang seharusnya tidak dilakukan. Jadi untuk fans yang benar-benar mencintai Red Arwana , perhatian harus di fokuskan kepada seluk-beluk di sekitar perawatan ikan Red Arwana tersebut. Harapan kita adalah bisa memelihara ikan Red Arwana agar ikan tersebut hidup dan berwarna indah sehingga enak dipandang mata, untuk itu ada tips tips yang perlu kita lakukan yaitu :

 

Perhatikan alat – alat pembersih aquarium

Keberhasilan atau kegagalan pemeliharaan Red Arwana di aquarium dipengaruhi oleh kebersihan akurium itu sendiri, aquarium harus menjadi tempat yang nyaman untuk Red Arwana. Sedangkan kebersihan aquarium dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas perawatan atau alat kebersihan aquarium yang memadai.

Pralatan – peralatan tersebut seperti:

Aerator

Fungsi aerator dalam aquarium adalah untuk penyuplai oksigen didalam air agar ketersediaan oksigen tetap pada taraf normal sehingga ikan Red Arwana akan mampu untuk berkembang dan hidup didalam aquarium.

 

Pemanasan & Thermometer

Pemanas (heating) sangat  diperlukan dalam pemeliharaan ikan Arwana, pemanas ini akan berfungsi terutama jika suhu air aquarium Arwana menurun drastis sehingga gejolak perubahan suhu dapat dihindari dengan adanya pemanas tersebut. Perangkat kontrol suhu air atau termometer yang dipasang di aquarium akan mendeteksi titik rendah suhu air aquarium yang telah kita set sebelumnya, untuk menjaga kestabilan suhu air tersebut pemanas lah yang paling tepat digunakan. Pilihlah pemanas yang kerjanya otomatis pada waktu titik rendah suhu telah kita lihat ataupun terdeteksi pada termometer tersebut kemudian pemanas akan secara otomatis hidup dan berfungsi menetralkan suhu menjadi normal kembali.

 

Filter

Fungsi dari filter atau filter untuk air pada aquarium adalah menyaring air dengan bantuan waterpump kecil yang  menghisap air pada tangki atau aquarium kemudian masuk kedalam  filter, dan kembali ke aquarium dalam kondisi bersih karena telah tersaring oleh filter tersebur. Didalam kotak filter terdapat beberapa komponen penjernih air seperti busa penyaring, batu zeolit dan arang aktif yang semua itu bias dibeli di took aquarium terdekat, karena komponen komponen tersebut adalah komponen yang standar digunakan untuk filter air maka dapat mudah untuk didapatkan.

 

Lampu TL

Keberadaan lampu neon atau TL khusus aquarium selain memancarkan cahaya, juga dapat memperbaiki penampilan aquarium. Aquarium akan menjadi lebih terang dan indah. Tapi penggunaan lampu TL ini jangan sampai melebihi kebutuhan. Idealnya 80×40 cm ukuran Aquarium  cukup diberi lampu TL 20 watt saja.

 

Pemeliharaan Aquarium Dengan Sangat Hati – Hati

Tak pelak lagi, jika Anda sudah menyukai ikan Red Arwana di aquarium, itu sudah cukup menjadi alasan dikeluarkannya uang yang lebih untuk menopang kebutuhan aquarium agar aquarium terlihat elegan dan ikan Red Arwana terlihat indah. Karena dengan begitu penampilan Red Arwana di aquarium akan tampak sehat, segar dan menyenangkan dipandang oleh mata.

 

Makanan

Menu utama Red Arwana yang terkenal dengan jenis  Arwana & ikan di aquarium adalah lipan ataupun kelabang. Tapi tidak selalu kelabang, harus bervariasi dengan makanan lain. Misalnya: udang, kecoa, katak kecil, kadal kecil dan jangkrik, semua itu adalah makanan alternative untuk penambah dizi ikan Red Arwana. Untuk pakan standart bias kita beli pakan ikan Red Arwana yang berada di took aquarium.

 

Mengontrol dan mengubah air

Dan jangan lupa, air aquarium pada pemeliharaan  red Arwana ataupun Ikan Arwana jenis lainnya harusv diganti secara berkala. Pergantian air dapat dilakukan dengan dua cara, 2 cara ini harus kita lakukan semuanya secara rutin yaitu:

(a) pergantian air bisa setiap 2 hari sekali dengan pergantian  10% dari seluruh volume air aquarium, dan

(b) perubahan total air setiap 3 bulan. Jika Anda menggunakan air keran, 24 jam sebelumnya harus diendapkan dahulu untuk mengatur konten klorin, dan kemudian dapat ditempatkan di aquarium untuk pergantian air.

 

Interior Aquarium

Interior  aquarium adalah replika lingkungan di padang gurun yang dikelola akan bisa menjadi lebih indah. Oleh karena itu perlu pengeleloaan interior aquarium yang sangat detail. Hal ini berarti perlu pemikiran dan rasa apresiasi estetika desain interior aquarium yang elegan, sehingga bisa berkombinasi dengan keindahan ikan aquarium Arwana agar nuansa harmonis tampilan menjadi lebih keren.

 

Tanaman Air

Karena asal-usul ikan Arwana berada pada lingkungan yang banyak tumbuh tanaman air dan kebiasaan ikan pastinya ingin bersembunyi di antara tanaman air tersebut, maka fans semua harus siap untuk menyediakan tanaman yang relevan. Ada berbagai jenis tanaman yang bisa dipilih antara lain: Vallisneria spiralis, Hidrilla verticillata, Riccia fluiutana, Higrophila poli semen, stratiotes Pistia, Najas indica, dan sebagainya. Jangan lupa tips pemilihan tanaman adalah sinkron dengan interior aquariumnya.

One thought on “Cara Memelihara Red Arwana di Aquarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *