Cara Mengetahui Lokasi Ikan Berkumpul

Cara Mengetahui Lokasi Ikan Berkumpul

Lokasi ikan di sungai dapat diketahui dengan point – point sebagai berikut:

1. Pada titik terdalam di aliran lambat

Biasanya ikan akan berkumpul pada titik aliran lambat yang memiliki kedalaman air lebih dalam daripada lokasi di sekitarnya, karena ikan merasa nyaman dan aman berada pada lokasi tersebut. Arus air dilokasi kubangan atau dasar sungai yang lebih dalam dari pada lokasi lainnya tentunya lebih lambat dari pada arus air pada lokasi yang lebih dangkal. Maka dari itu ikan akan lebih tenang berada pada lokasi tersebut.

2. Berada pada tikungan sungai

Pada tikungan sungai terdapat tempat untuk memantulnya arus sungai dimana ikan senang sekali di lokasi tersebut karena ikan yang lapar kebanyakan akan menunggu mangsanya di daerah tersebut, arus kan membawa mangsa ke  tempat dimana air memantul untuk pindah arah tersebut sehingga ikan cukup stanby menunggu mangsanya karena dipastikan mangsa akan terbawa arus menuju ke tempat tersebut.

3. Bawah pohon yang rindang di pinggir sungai

Pohon rindang dipinggir sungai dapat menutupi air terpapar sinar matahari langsung sehingga akan tersa teduh bagi ikan, ikan tidak suka berkumpul pada air yang terkena sinar matahari secara langsung. Disamping itu akar – akar pohon yang menceruat dipinggir sungai bisa menjadi tempat pemburuan makanan terfavorit. Karena pastinya mangsa yang terbawa arus akan banyak yang tertangkap oleh akar tersebut. Disamping itu lumut yang tumbuh pada akar pohon juga bisa menjadi makanan tambahan bagi ikan yang berada di sekitarnya.

4. Dekat dengan pusaran air

Pusaran air di sungai biasa terjadi karena adanya air yang mengalir dari lokasi tinggi yang jatuh ke lokasi rendah seperti pada bendungan, air disekitar bendungan akan berputar menjadi pusaran air. Ikan sangat suka berada di lokasi tersebut, lagi – lagi karena faktor makanan. Mangsa atau makanan ikan akan terbawa arus dan berputar pada putaran air tersebut sehingga ikan tinggal memangsanya, apabila anda ingin memancing maka jatuhkan umpan di sisi pusaran karena ikan telah menantinya di sisi sisi pusaran tersebut.

5. Di sekitar tiang jembatan hilir

Pada hilir sungai biasa terdapat jembatan besar dimana ada tiang tiangnya yang besar pula, dibawah jembatan tersebut adalah pertemuan antara air tawar dengan air laut yang bisa menjadi air payau tentunya. Nah disitu akan menjadi tempat favorit ikan laut untuk bertelur, disamping itu ikan laut juga banyak yang menunggu mangsanya di sekitar tiang jembatan tersebut untuk di mangsa. Pada tiang jembatan sebelah dalam tentunya air akan sedikit tenang untuk ikan stanby menunggu mangsanya yang datang dar arah sungai ke laut.

6.  Pohon jatuh atau tumbang

pohon tumbang di sungai adalah bersembunyi ikan karena aliran sungai diblokir. Akibatnya, aliran balik pohon tidak menjadi berat. Tempat ini telah menjadi tempat perlindungan ikan yang sangat bagus. Di tempat tumbangnya pohon tersebut kadang-kadang memblokir mangsa ataupun makanan hanyut lainnya.

7. Di balik batu besar

Tidak setiap sungai ada batu-batu besar yang menghalangi aliran sungai, terutama jika batu yang menonjol ke permukaan sungai yang menyebabkan sungai mengalir terhambat. Di balik batu biasanya ada ikan kecil dan udang dan makanan ikan lainnya. Tidak jarang ikan predator besar juga akan memakan umpan dan ikan kecil. Memancing di balik batu kemungkinan akan mendapatkan ikan yang cukup besar.

8. Sekitar rumput

Di tepi sungai yang lokasi banyak rerumputan sangat direkomendasikan untuk lokasi memancing. Bila Anda menemukan tempat seperti ini tidak boleh dilewatkan tentunya, karena ikan betina banyak yang berlindung berlindung dan bertelur ditempat tersebut.

Selain itu, posisi ini adalah lokasi ikan kecil yang paling padat. Jadi, di tepi sungai yang banyak rumputnya tentunya anda akan mendapat ikan relatif kecil ukurannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *