Kenali Warna Air Dalam Budidaya Lele

Kenali Warna Air Dalam Budidaya Lele

Warna Air Budidaya Lele – Warna air dalam budidaya lele sebenarnya sangat menentukan keputusan  apa saja yang akan dilakukan dalam berbudidaya, sebagai contoh disaat warna air berubah dari hijau ke kuning kecoklatan maka sebagai pembudidaya harus tahu apa yang akan dilakukan, apakah :

  1. Mengganti air bawah sebesar 50% dan diganti dengan yang baru sehingga warna air akan kembali ke hijau lagi, atau
  2. Tetap bertahan dengan air kuning kecoklatan karena keterbatasan pasokan air.

Kedua keputusan tersebut tentunya juga akan mempengaruhi pengambilan keputusan selanjutnya, apabila sampai salah dalam pengambilan keputusan maka yang terjadi adalah rusaknya air dalam budidaya yang tentunya akan mempengaruhi tingkat perkembangan atau pertumbuhan ikan lele yang dipelihara.

Ilustrasi  :

Misal kolam Pak Ringgo dengan volume 6 m3 air ditebar benih sebanyak 1000 ekor atau per m3 di isi kurang lebih 167 ekor lele, dalam jangka waktu 30-50 hari warna air hijau mengarah ke warna kuning kecoklatatan. Nah yang harus kita ketahui adalah warna air menjadi kuning kecoklatan berarti media dalam kondisi yang krusial atau mudah rusak apabila pemberian pakan terlalu berlebih bisa mengakibatkan air menjadi rusak. Nah pak Ringgo harus segera mengambil keputusan terhadap perubahan warna air tersebut. Keputusan yang diambil apakah mengganti air ataukah tetap bertahan.

Apabila ingin air berubah menjadi hijau maka air bawah harus dibuang 50% kemudian ditambah air yang sudah siap sampai penuh, dipuasakan satu hari baru dikasih pakan. Apabila air diganti maka rutin setiap satu minggu sekali harus ganti air.

Apabila ingin air merah maka pak Ringgo akan bertahan di air kuning kecoklatan dengan pemberian pakan tidak berlebihan maka air akan mengarak ke warna merah, jadi pakan yang diberikan cukup sedikit saja jangan sampai kebanyakan sampai air berubah menjadi merah. Biasanya paling lama dua minggu air sudah berubah menjadi merah.

Berikut gambar hasil praktek saya :

Air hijau setelah 7 hari persiapan.

Warna Air

 

 

Air berubah menjadi kuning kecoklatan/coklat sekitar hari ke 30 s.d 50.

 

Air akan mengarah ke warna merah setelah air kuning kecoklatan dengan catatan pemberian pakan tidak berlebih yang mengakibatkan air warna coklat menjadi rusak dengan tanda tanda lele banyak yang berada di sudut ataupun bahu air lele yang sangat tajam.

 

Demikian semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *