Habis Pakan 83 Kg, Dapat 91 Kg Lele Konsumsi Tanpa Sortir Tanpa Ganti Air

Halo sobat perikanan sekalian, sekedar ingin berbagi tentang pengalaman saya berbudidaya lele. Masih banyak koreksi sih dari jumlah kematian masih cukup tinggi ya……, tapi dari segi hasil ya lumayan lah……

 

Ini tebaran saya 6 bulan yang lalau atau hasil panen saya 3 bulan yang lalu:

Tebar 1000 ekor di kolam ukuran 2x3x1 selama 3 bulan

Tebar 1000 ekor ukuran 4-6  : Rp. 180.000,-

Pakan Ikan F 999 10kg : Rp. 139.000,-

Pakan Ikan Lp1  30kg   : Rp. 287.000,-

Pakan Ikan Lp2  30kg   : Rp. 273.000,-

Pakan Ikan Lp2  13 kg    : Rp. 118.300,-

Air  6 kubik :  Rp. 10.000,-

Listrik : Rp. 0,-

Total Pengeluaran : Rp. 1.007.300,-

Panen 91 kg @15.000,- = Rp. 1.365.000,-

Pendapatan = Rp. 357.700,-



Ya hasil nya lumayan juga ya hmmm…. bayangin deh kalau punya banyak kolam.

Wah memang menjanjikan sih ya budidaya ikan lele kalau kita punya banyak kolam, mau sedikit cerita lagi nih tebaran yang kedua sebanyak 1500 ekor.

Tebar 1500 ekor di kolam ukuran 2x3x1 selama 3 bulan habis pakan 145 kg dapatnya 135 kg.

Tebar 1500 ekor ukuran 5-7  : Rp. 300.000,-

Pakan Ikan F 999 10kg : Rp. 139.000,-

Pakan Ikan Lp1  30kg   : Rp. 287.000,-

Pakan Ikan Lp2  30kg   : Rp. 273.000,-

Pakan Ikan Lp3  30 kg    : Rp. 270.000,-

Pakan Ikan Lp3  30 kg    : Rp. 270.000,-

Pakan Ikan Lp3   15 kg    :  Rp. 135.000,-

Air  6 kubik :  Rp. 10.000,-

Listrik : Rp. 0,-

Total Pengeluaran : Rp. 1.684.000,-

Panen 135 kg @14.000,- = Rp. 1.890.000,-

Pendapatan = Rp. 206.000,-

Yang tebaran kedua dapat harga cuman Rp. 14.000,- wah disini nih yang bikin hati nyesel…kenapa gak sama kayak tiga bulan lalu ya harga Rp. 15.000,- kan bisa tuh dapat untung Rp. 341.000,-

Bisa dibilang 2 kali panen kemarin sangat minim untuk ganti airnya……..

Itu pengalaman saya sih berbudidaya lele di tahun ini……..

Salam petani lele. Selalu semangat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *