Cara Mudah Membasmi Jamur Pada Ikan lele

Cara Mudah Membasmi Jamur Pada Ikan lele

Jamur pada ikan lele bisa terjadi kapan saja, tidak hanya pada segmen pembenihan akan tetapi bisa di segmen pembesaran. Jamur pada ikan ikan lele harus diwaspadai dan segera di obati. Lebih baik antisipasi dari awal sebelum terkena jamur agar budidaya lebih aman dan lancar.

Jamur pada ikla lele

Ikan lele yang terkena jamur biasanya diakibatkan kulit lele yang terluka karena proses gesekan dengan dinding kolam yang kasar ataupun proses grading yang kurang baik sehinga mengakibatkan kulit lele lecet atau luka sehingga jamur akan masuk kedalam luka tersebut dan akan menjalar keseluruh lapisan kulit yang sehat, apabila tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan ketahanan tubuh lele semakin lemah dan mati.



Bisa dibilang jamur yang terdapat pada ikan lele itu adalah serangan penyakit yang kedua.  Setelah sebelumnya kulit lecet kemudian jamur dengan leluasa masuk dan tumbuh pada kulit yang luka tersebut. Bahasa termudahnya adalah infeksi karena luka yang terbuka baik di insang, kulit kepala, mulut dan tubuh hingga sirip dan ekor lele.

Ciri – ciri lele yang terkena jamur biasanya gerakan ikan lele mulai melambat, nafsu makan ikan berkurang, sering ke pinggir kolam untuk menggarukkan badannya di dinding kolam, kumis terlihat keriting putih,  ada bintik putih atau gumpalan seperti benang putih di kulit lele.

Untuk para pembudidaya lele baik pemula ataupun yang sudah senior pastinya akan was – was apabila lele yang dipelihara terkena jamur, akan tetapi untuk yang sudah berpengalaman pastinya bisa mengatasi dengan cepat bahkan sudah bisa mencegah agar lele yang dipelihara tidak terkena jamur. Untuk para pemula di budidaya lele atau ikan lainnya pasti rasa was – was nya berbeda dengan yang sudah senior, bahkan apabila terjadi kematian masal bisa dipastikan akan down. Nah apabila lele yang dibudidaya sudah terlanjur terkena jamur maka kita bisa mengobati dengan cara berikut.

Cara mengobati ikan lele yang sudah terlanjur terkena jamur :

 


  1. Kurangi pemberian pakan hingga 70% sampai lele terlihat sehat.
  2. Campur pakan dengan probiotik yang memiliki fungsi membasmi virus, bakteri, dan jamur yang ada di lingkungan maupun yang menempel di tubuh ikan serta dapat menyembuhkan penyakit infeksi kulit pada bagian kepala, insang, sirip dan borok kulit serta jamur.
  3. Selain paada pakan, gunakan probiotik tersebut pada air budidaya sesuai dengan dosis yang tertera di probiotik tersebut.
  4. Lakukan hal diatas sampai ikan pulih dan sehat kembali.

Kemungkinan besar untuk ikan lele yang sudah terkena jamur disekujur tubuh akan sulit untuk bertahan akan tetapi tetap ada kemungkinan untuk pulih, dan ikan lele yang baru tertular atau belum parah biasanya akan tetap bertahan dan sehat kembali. Mulailan memberikan pakan secara normal setelah ikan lele sehat dan lele tidak ada yang muncul mati dipermukaan.

Tersebut diatas adalah pendapat penulis pribadi terhadap apa yang pernah penulis alami di segmen pembesaran yang dimana waktu itu ikan lele yang baru kami tebar selang beberapa hari sudah terkena jamur karena memang banyak luka lecet di kepala ikan, mulut ikan dan tubuh ikan pasca grading dari pembenih.  Lebih baik mencegah dari pada mengobati, lebih baik selektif dalam pembelian bibit dari pada buru – buru. Semoga pendapat saya ini bisa membantu teman teman semua yang berbudidaya ikan air tawar khususnya ikan lele untuk mengantisipasi dan mengobati ikan dari bahaya jamur. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *